Wednesday, October 26, 2011

Quality Time wif Tante

Aku melintah lagi di rumah tante~ Niatnya sih jadi tutor matematika sepupu, in the end malah jadi tutor Harry Potter (Ludo Bagman jahat gak sih? Darah lumpur itu kaya gimana? Harmoni tuh darah lumpur? Aku takut deh malem-malem inget Voldemort. Blablabla). Jadi gak enak nih sama si Om, anaknya mau ujian malah baca Harry Potter melulu gara-gara gw racunin. Ehem. Yaudah lah ya daripada baca komik serial cantik, ntar gedenya kaya gw muahahaha.

Seperti biasa, gw dan tante tiap malam membuka sesi obrolan hangat. Biasanya sih gak jauh seputar masa depan (baca: laki). Kali ini naik tingkat, ditanyain kriteria garis besar mau suami kaya gimana. Bingung lah saya, kalo bilang:

1. Penyanyi
2. Penyiar
3. Rapper
4. Aktor
5. Idol
6. Dari keluarga terpandang
7. Namanya Sakurai Sho

kan susah ya cari kriteria di atas.
Nyehehe. Tapi bener lho kalo Sho itu islam dan gak merokok dan menaati aturan agama. Beriman dan Bertakwa. Uwow banget gw siap mengguncang dunia dengan headline seru:

Idol Become Mualaf, Married with Fans.


Iya, gak usah nepuk bahu gw dengan tatapan mata 'kasian banget sih lo, Nien. Lebih patut dikasihani daripada anak-anak SMP yang jejeritan liat semes'. I am kidding, yo!

Kriteria suami? Yang penting bisa mendukung hobi dan karir gw sebagai himono onna. Tante pun hanya menggelengkan kepala. Syukur-syukur kalo suami gw kelak bisa dan mau membiayai perjalanan istrinya menuju konser idaman di Tokyo Dome *latihan ngipas pake uchiwa Sho*.

Yah, pokoknya belum kepikiran deh gimana ini bentuk-bentuk idaman suami. Hati aja masih sebeku bunga es. Terus jadi bergocip kisah emak sama bapak. Kisah percintaan mami papi masih jadi misteri karena mereka jarang cerita. Yang gw tau cuma mereka pernah kencan nonton konser BIMBO dengan transportasi becak. Oh yeah, gaul ya anak pinggiran Bandung. Tampaknya dulu bapak gw langsung to the point ngedatengin kakek-nenek dan melamar ibunda sebelum resmi pacaran tunangan :O Besok mau gw cengin ah.

Tapi obrolan malam ini gak sekedar ngegosipin kisah cinta lama orang tua, om, dan tante. Kali ini bergeser soal... agama. Suitsuiwww.. Jadi ngomongin aliran-aliran gitu. Pencarian identitas agama. Masa-masa hausnya siraman rohani. De el el. Jadi bersyukur gw tumbuh jadi anak yang baik-baik saja, gak terseret yang aneh-aneh gitu karena sebenarnya kesempatan untuk terbawa arus sesat itu banyak sekali.

Dulu si tante waktu jadi MABA di Bandung pernah dikejar utusan dari salah satu aliran gak bener. Nangkring di kosan maksa berdebat soal agama. Si tante berbohong akan minta orangtua untuk transfer duit. Kata utusan itu: 'kalau kamu bohong, darahmu halal'. Meeen, diancem ampe dibunuh! Tante pun kabur ke kosan orang dan pulang ke Tasik seminggu. Alhamdulillah gak dikejar-kejar lagi. Tapi gw baru tau temen-temen dia banyak yang 'ilang' setelah masup aliran itu. Sereeeeem. Entah ilang kemana. Ini rada elit lah ya, niat rekrut pake kedok debat agama. Lah temen gw hampir direkrut dengan kedok, 'mau gw kenalin sama cowo-cowo cakep ga?'. That was super lameeee! Dan temen gw kena, tapi gak terjerumus. Gila banget emang cara rekrut pun disesuaikan dengan jaman ya :))

Waspada memang perlu. Dulu saking waspada, ada orang yang (dicurigai) pedekate, malah gw sangka mau menjerumuskan ke aliran sesat. ROFL. Kebayang waktu gw gemeteran abis-abisan saat baru pertama kali bertemu setelah 10 tahun tak jumpa. Ya coba aja gimana gw gak curiga, baru ketemu lagi udah minta nomor hape, ngajak jalan, dan mau ke rumah (yang gw tolak semua). Inget mukanya juga nggak. Ngeri lah, udah berzikir dan berdoa dalam hati sambil mencoba meloloskan diri. Eh ternyata kayanya dia lagi nyari calon istri karena beberapa saat kemudian ada kabar dia menikah. Muhahahaha. Gokil juga ya kekhawatiran gw.

Begitulah. Kata Nabi, setelah beliau meninggal, islam akan terpecah jadi 73 aliran ya... hanya satu aliran yang akan masuk surga. Yaitu yang menerapkan Quran dan Hadits... masalahnya sekarang semua aliran juga ngakunya gitu...

Nyem. Kalo ngomongin agama gw juga masih labil nih. Masih mencari-cari mana yang benar, mana yang salah. Beda tempat ngaji beda juga kan 'genre'nya. Ada yang saklek menerapkan hukum islam jaman nabi (misalnya musik haram) ada juga yang rada santai. Kajian Hadits dan Quran memang beragam yah. Fiuh~
Di satu keluarga alirannya juga macem-macem nih. Ada yang kenceng banget, ada yang loose banget, ada juga yang biasa-biasa aja, ada juga yang tergabung ke kelompok yang dibilang orang sesat.

Gw yang masih labil pun meminta jawaban pada si tante yang lebih paham agama. Terus, yang bener harus ikut aliran tertentu? Apa biasa aja? Kalo ikut aliran, yang mana yang benar?

Kata tante,
Itu kan keyakinan, tiap orang kan beda-beda. Istilahnya, aliran atau keyakinan itu kendaraan kita. Ujungnya sih sama. Tujuannya sama. Pokoknya sesuai Quran dan Hadits!

Masih harus belajar banyak! *kibas mukena dengan penuh gaya*
Ngomong-ngomong, di sini lagi ada peraturan gak boleh nonton TV sebelom salah satu sepupu gw ada peningkatan belajar. Seru juga sekeluarga ngumpul dan ngobrol ngalor ngidul buat ngabisin waktu.

4 comments:

Tyka Ndutyke said...

Yaudah lah ya daripada baca komik serial cantik, ntar gedenya kaya gw muahahaha.
>> muahahaha... serial cantik! jaman SMA banget :P aku minggu lalu abis ngerental komik Miss Modern loh, btw :D

Hati aja masih sebeku bunga es.
>> wuaow ada Trauma Marissa-kah....? *pukpuk nanien*

Kata utusan itu: 'kalau kamu bohong, darahmu halal'.
>> ihhh kalo aku dibegituin ya, bakalan aku pegang kerah bajunya *ala preman2* trus aku bilang: "Kalo lo ngancem gw, darah lo jg halal tumpah ditangan gw!" *tsah macam berani aja* :))

Eh ternyata kayanya dia lagi nyari calon istri karena beberapa saat kemudian ada kabar dia menikah.
>>oh kirain agen MLM mo ngerekrut downline :|

Nien said...

Miss Modern! Rindu komik itu deh. Bagus kalo dijadiin pelem. Akyu berkomik dari SD hihihi

istilah apa lagi tuh trauma marissa? yaah sedikit luka hati *now playing OST. Noktah Merah Perkawinan*

serem ye ancem2 bunuh. 'kau akan kusiksa dengan gunting kuku!'

Wkwkwkw. bete juga ya kalo dideketin laki tampan taunya demi MLM -____- *nyaris kejadian*

Muhammad Azli Shukri said...

salam, blog tuan sangat berinformasi, saya sudah pautkan di blog saya

Tyka Ndutyke said...

Trauma Marisa itu judul novelnya Mira W. yg lantas disinetron-kan. Itu mjd sinteron-nya Nike Ardilla yg paling terkenal, cmiiw.

*dijelasin* :P

 
design by suckmylolly.com