Wednesday, October 26, 2011

Dakocan

Dakocan hanya mengingatkan gw pada judul lagu anak-anak yang ngetop dahulu. Bentuknya seperti apa? Entah.

Credit from http://tokyoscum.blogspot.com/2011/04/banned-in-name-of-good-taste.html
Terrrrnyata, Dakocan itu sebutan bahasa Indonesia dari Dakko-chan. Sebuah boneka yang terkenal di Jepang era 1960an. Dakko-chan berbentuk boneka hitam yang tangannya membentuk pose memeluk (kaya koala meluk pohon). Dakko = peluk. Di era ngetopnya, orang-orang lalu lalang dengan boneka Dakko-chan nempel di lengannya.

Sempat ada kontroversi tentang bentuk Dakocan yang berwarna hitam, bibir tebal, rambut keriting yang dianggap rasis. Makanya dibuat versi baru yang berwarna-warni.

Kepopuleran Dakko-chan turut merambah Indonesia. Makanya sampe dibikinin lagu anak-anak. Pantesan gw gak tau dakocan kaya gimana, soalnya gw anak gaul 90an. Maenannya sama boneka Susan yang selalu memberikan tekanan sosial (CITA-CITA LO MAU JADI APA, HAH?).

5 comments:

nyanya - mightybangs said...

Selalu... Blog lo memberi hiburan di kala jenuh hahahaha. Entah karena gue emang kuno atau apa, gue udah tau bntuk dakocan dari dulu krn pernah liat langsung. Anyway sebenernya boneka2 kita tuh kinda spooky tau. Susan pun mnurut gue potensial bgt buat jd the next chuckie. Kebayang aja malem2 dia bangun sambil ngomong dgn suara seem "hayooooo kalo gede, mau jadi apaaaaaaaa....."

Tyka Ndutyke said...

*menjawab pertanyaannya kak ria* "cita-citaku pengen kawin muda, kak!"

Yuni Winingsih said...

gw baru nyadar, bener yah, bahkan dari kecil kita diberikan tekanan sosial hahahah KALAU BESAR MAU JADI APAA??? *gw inget bgt ngisi kuesioner guru BK jwbnya mau jadi ORANG KAYA' hsahhahahah

Nien said...

@nyanya: berarti lo gaul banget tau dakocan macem gimana. dulu kan gw tinggal di ciparay jadi mungknin dakocan ga maen ke desa. Susan.. hmm semoga dia tidak bicara kalo ga ada ria enes

@tyka: cita-citakuuu.. begitulah :p

@yuni: guru BK lo pasti senang karena lo gak standar 'pengen jadi dokter' hahahaa

nyai dachimah said...

hahahahaha ini pasti gara2 nemu dakocan di salah satu buku di Japan Foundation yak..

 
design by suckmylolly.com