Wednesday, January 12, 2011

Muscat Day 9-10


Satu tempat, dua angle, kiri dan kanan. disini gunung disana laut

Buset uda 10 hari dan gw belom dilirik sama anak muda Arab.
Dua hari ini di rumah sahadja, soalnya semuanya lagi flu. Gw gak bisa jalan-jalan sendiri karena kemana-mana harus naik mobil pribadi. Setelah gw cek, yaaa...tidak ada transportasi umum disini! Orang miskin yang gak punya mobil harus naik taksi. Orang desa pasti punya mobil pribadi. Semiskin-miskinnya manusia di Muscat, mobilnya keren-keren bo. Norak lah gw liat mobil rata-rata atapnya bisa dibuka gitu. Trus mobil-mobil aneh yang biasanya cuma gw liat di mainan mobil-mobilan.Harga mobil disini jauh lebih murah karena ga ada pajak bea cukai syalala. Bisa hemat setengahnya lah daripada beli di Indonesia. Ayo mari beli mobil di Oman, harga bensinnya juga cuma 2000 perak!

Oiya, kemarin gw ke 'rumah sakit' nganterin mamah yang flu. Astaga. Kita dateng ke ruko pertokoan yang kecil. Gedung 5-6 lantai yang suram seperti bangunan Jakarta tahun 80-an itu hampir tidak berpenghuni. Kami keluar di lantai dua ke...TADA..poliklinik lengkap yang ukurannya sekecil klinik tapi perawatannya selengkap rumah sakit. Di bangunan itu juga terdapat kantor IBM. Gw kaget pas tau gedung itu juga merangkap kantor. Jauuuuuuuuuuuuuuuuh banget bedanya sama perkantoran di Sudirman yang gedungnya mencakar-cakar langit. Disini sih bangunannya melar ke samping bukan ke atas *seperti aku*
Pastinya sepi banget. Nget. Nget. Penduduk disini sedikit sih ya, silakan gugel sendiri. Ciri-ciri negara tajir tapi penduduknya sedikit adalah banyak imigran. Setelah mengobrol dengan ipar, gw mendapatkan beberapa pengetahuan, seperti..


Mengapa orang Cina sulit ditemui di Timur Tengah ?

Ternyata belajar sejarah itu penting ya. Belajar budaya juga menarik. Apalagi Geografi. Di Muscat, banyaaaaaaaaaaaaak banget orang India dan Filipina. Gw baru ngeh kalo India itu masih satu daratan sama Arab. Kalo mau ekstrim sih, naik sepeda dari India bisa kok nyampe ke Arab. Kalo Filipina, hmm mereka demen migran sih ya.
Nah, kenapa Cina jarang di Arab? Kata ipar gw sih masalah budaya. Di Timur Tengah kan agak dibatasi ya dari segi budaya, nah itu gak sesuai ama Cina yang free. Makanya kalo di negara yang bebas macem Amerika, banyak keturunan Cina.

Oiya, di sini gw berusaha maen sim city tanpa diganggu ponakan *woy punya siapa nintendonya padahal*. Ribet ya menata kota. Kalo lo gak bisa naek helikopter, salah satu cara melihat tata kota adalah ketika pesawat landing. Kalo lagi turun di Cengkareng, wah keliatan Jakarta itu tata kotanya rame, penuh, random, gak rapi. Pas turun di Abu Dhabi tengah malam, yang keliatan itu cuma deretan lampu yang sangat terlalu rapi. Berasa lagi liat model tata kota yang kecil itu loh. Kalo disitu kan biasanya rapi ya. Nah itu dia, bentuk, komposisi dari kota Abu Dhabi yang terlihat dari atas itu sangaaaaaaaaaaaaaat rapi. Pas turun di Muscat, rapi juga sih, lampu-lampu berpijar indah~ *aseeek* tapi gak serapi Abu Dhabi. Tapi gw pikir-pikir lagi, kalo maenin sim city yang kotanya udah rapi, gak semenantang ngurusin kota yang amburadul kan? :D

Apalagi ya, oiya kebersihan udara! Polusi jelas dibawah Jakarta. Indikatornya? Kotoran idung alias upil! Disini hidung gw tidak terlalu banyak bekerja untuk menyaring kotoran. Debu sih sedikit ya. Nyedot debu cuma sehari sekali. Mama ga pernah marah karena lantai jarang kotor. Udara sejuk seperti di Puncak Cisarua membuat karpet sangat berguna. Dulu gw ga ngerti kenapa nyokap masang karpet di rumah karena Jakarta itu panas. Kalo mau pake alas ya mendingan pake lampit (dari rotan kalo ga salah). Tapi di tempat dingin seperti ini gw bersyukur ada karpet.

Tapi ya, disini buah-buahan harganya mahal! Beneran lah kalo ntar gw kawin sama pengusaha yang bercocok tanam buah-buahan, gw akan suruh dia untuk mengekspor ke timur tengah. Abisnya semua dari Thailand deh. Bersyukurlah orang Jakarta Timur bisa beli mangga, rambutan, dll di pinggir jalan. Satu-satunya yang ga mahal cuma anggur. Terus, gw juga nyobain buah-buahan aneh seperti Peach. Hmm wanginya enak peach tapi rasanya lebih enak mangga. Ada juga buah yang setiap sudutnya kaya bentuk pantat. Entah apa namanya dari Afrika kalo ga salah.

Sayuran juga sulit ditemui. Gw jadi sangat rindu sama tukang sayur yang memanjakan ibu rumah tangga. Gak harus jauh naek mobil ke supermarket yang belom tentu punya daun kemangi. Pokoknya tiap liat sayuran di supermarket, gw jadi pengen bilang 'ih di tukang sayur juga banyak dan murah!'. Tuh beneran deh bersyukur hidup di negara tropis. Rumah kakak gw kan letaknya di kompleks yang rumahnya sama semua. Kalo mau mampir kesini gampang, cari aja rumah yang ada pohon pisang dan pepaya! Hahaha. Ribet tuh untuk nanem gituan aja harus beli tanah khusus secara berkala biar bisa hidup. Saking anehnya itu pohon pisang bisa hidup di Arab, ada bule yang lewat dan ngeliatin lamaaaa banget terus moto-moto itu pohon. Kasian deh lo jarang liat pohon pisang! LOL. Bokap gw juga iseng nanem berbagai cabe, cabe rawit dan cabe ijo yang gede. Tapi kita heran, kok cabe ijonya ilang terus ya? Terus pas ditelisik, kayaknya ada yang nyuri. Maklum gak ada pager disini jadi ya bebas aja (tapi aman sih makanya ga pake pager). Ternyata pas gw liat harganya di supermarket, cabe ijo itu sekilo sekitar 20rebu! Gile aja. Pantesan dicuri orang, mahal bo.

No comments:

 
design by suckmylolly.com