Tuesday, January 4, 2011

Muscat Day 2


Malikah anaknya bisa digendong siapa aja sih tapi begitu ngeliat Ummi, Abi, atau Bi Anih dia langsung nangis dan menggeliat-geliat. Hobinya digendong dan males merangkak. Dia deket sama mama papa karena pernah diasuh selama sebulan. Sedih deh gw belum juga bisa akrab sama doi, maklum sih soalnya gw sibuk maen ama kakaknya huhuhu. Yah i'll try to win her heart!


Malem sebelumnya gw komplain sama teteh karena jauh-jauh makannya kok gado-gado juga ya. Yaudah, gw dibawa ke restoran Arab deh makan nasi kebuli sama ayam, ikan, sambel tomat aneh, dan salad. Hmm. Kalo tiap hari makan gituan capek juga nih perut, hehe.

Siangnya maen badminton sama bokap dan si Aa di pinggir jalan, diliatin sama tetangga yang orang India (bokap gw tereak-tereak ke si aa Yu Kreji Yu Kreji kalo lagi semangat).

Sorenya pergi ke Tamini Square versi Muscat yaitu Qurum City Center. Di Muscat cuma ada dua Mal, QCC sama Muscat City Center. Cewe-cewe Arab pada menor bener, wangi parfumnya semriwing. Masih kecium sampe beberapa langkah. Kebanyakan pake abaya hitam dengan kerudung (dan cadar) yang gedenya kaya sarang lebah. Gimana cara makenya ya? Ada juga yang pake abaya, kerudung, tapi poninya keluar mirip anak sekolah gaul Al Az(Iz?)har. Bedanya ini beneran diblow gitu. Disini kerudung tradisi juga kali ya? Kalo keluar negeri sih pada buka-bukaan aja kayanye (referensi novel Arab).

Lucunya, disini semua nama merk luar negeri dikasih tulisan versi arab juga.


Abis itu nganterin Aa ke guru menghapal Qur'an. Tadinya gw pikir semua orang Arab jago lah Qur'annya, serasa baca buku cerita aja. Ternyata salah besar. Al Qur'an kan ada sejak 1400 tahun lalu, sedangkan bahasa Arab udah berkembang sampai sekarang (bahasa slang bla bla bla). Jadinya bahasa Qur'an jadi bahasa resmi aja. Belum lagi tajwid syalala itu cuma dipake kalo baca Qur'an. Jadi kalo ngobrol ya ga ada ghunnah ato semacamnya itu. Jadi orang Arab belom tentu jago baca Qur'an yang baik dan benar. Disaat seperti ini gw bersyukur si teteh termasuk manusia alim yang punya pengetahuan lebih soal agama dibanding adiknya.

Jalanan Muscat di sore hari sepi seperti biasanya. Bayangin aja Jakarta kalo lagi lebaran deh. Bedanya hampir gak ada orang di pinggir jalan. Buat gw sih berasa kota mati ya. Jarang deh liat cewe arab. Pada di dalem rumah kali ya?

"nien, itu liat ada bunga!" kata teteh.
"bunga juga banyak di Jakarta."
"Loooh emang kapan lo liat bunga di negara yang isinya gurun pasir?"
"oiye." Begitulah. Bunga di pinggir jalan ini benar-benar dirawat untuk keindahan.


Why Indonesia is better than Oman:

1. Tropis. Beneran loh enak banget cuaca di Jakarta. Kagak perlu berselimut tebal (perlu sih kalo musim ujan). Kita bisa tidur siang dengan baju seadanya tanpa menambah aksesori seperti kaus kaki tebal. Belum lagi disini udara kering banget, kalo ga pake losion bisa keriiiiiiing banget. Pantesan emak gw kalo pulang bawanya body lotion.

2. Aer banyak dimana-mana dan murah. Disini harganya 5x lipat lebih mahal.

3. Angkot is everywhere. Disini harus punya mobil untuk bepergian. Ya, wajar sih orangnya makmur sejahtera semuanya. So far gw belum liat ada bis (kata teteh gak ada tapi nanti gw tetep cari deh). Sisanya taksi yang mahaaaaal. Jadi kalo ada pelancong kesini pun akan rental mobil sepertinya.


Baiklah, mo solat subuh dulu. Nanti dilanjutin lagi, next topic: Sultan Oman yang eksis.

1 comment:

Maya Safira said...

lucuuuu ponakan lo nien

 
design by suckmylolly.com