Tuesday, January 4, 2011

Muscat Day 3-4








Hari Ketiga

Hari ini dimaki-maki sama Omani *orang Oman*. Ngeri banget.
Jadi, gw, teteh, dan emak pergi belanja. Si teteh yang nyetir, dia baru dapet SIM beberapa bulan lalu setelah tes beberapa kali. Disini dapet SIM itu susahnya bukan main. Kagak bisa nyogok kaya di Indonesia. Tapi menurut gw sih lebih jago orang kita kalo soal menyetir, bayangin aja bergulat di jalanan Jakarta yang penuh orang, angkot ngetem, motor, bis, becak, pedagang kaki lima. Kebayang kan mo ngebut aja susah? Nah kalo disini jalanan kosong melompong. Mobil jalannya was wus was wus. Ngebut di Jakarta sama aja pelan disini. Somehow, disini toleransi mengendaranya juga kurang *taat peraturan*.

Ceritanya, beberapa ratus meter sebelum pintu masuk supermarket (sebelah kanan), mobil gak bisa ambil jalan ke kanan karena jalur penuh (ada tiga jalur, kita di paling kiri). Alhasil beberapa meter sebelum masuk pertokoan mobil agak-agak pelan kagok gitu kan. Dan abis desperado ngasi sen mau ke kanan, langsung aja syiuuuuuutttt motong jalan ke kanan. Habis itu di belakang langsung bunyi rem hebohan CEKIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIITTTTTTTT. Bayangin aja deh gimana bunyi rem kalo di film barat. Oke, gw panik dan ga berani nengok belakang. Terus kedengeran suara mobil digas kenceng sama klakson.

Panik, itu polisi? ato mobil yang di belakang?

Abis mobil diparkir, ada mobil bak parkir ngasal di sebelah. Supirnya dengan gamis putih, sorban Omani, dan kacamata hitam berjalan ke arah mobil dengan gaya nyolot. Kaka gw keluar masang muka inosen.

"License!"
Disini gw mikir, gila polisi di Oman lincah juga ampe dikejar-kejar.
"New license?"
Terus dia nelpon seseorang nyerocos pake bahasa Arab sambil liat-liat plat mobil. Kaka gw minta penjelasan pake bahasa Inggris sama sekali gak digubris (kayanya tuh supir ga bisa bahasa Inggris. Sok nyolot aja lu Rab). Tiba-tiba dia berubah air mukanya dan bilang,
"Halas, no accident, Halas." (udah, udah).
Pas kaka gw minta penjelasan lagi dia ngeloyor aja pergi.

Kami bertiga cengo. Si mamah mulai emosi gara-gara kelakuan Omani yang disinyalir masih muda banget tapi nyolot. Maklum kita bertiga kan ga tau bahasa Arab jadi ga ngerti juga buat apa dia minta SIM seenaknya padahal bukan polisi. Itu juga kita 'dilepasin' gara-gara cewe semua dan pasang muke memelas kali ya. Kalo yang nyetir sama-sama laki itu bisa berantem fisik. Serem banget. Lumayan gemeteran juga sih takut kaka gw diapa-apain *dipenjara or something*. Abis cerita sama ipar, dia bilang harusnya kita gak nurut ngasi liat SIM gitu. Sekalian aja ke polisi kalo mau biar aman, gitu. Yah, gw sih kalo jadi kk gw juga uda jiper euy. Bisa pulang hanya tinggal nama saja. Begitulah, emosi Omani cukup menyeramkan *ato itu lagi apes aja ya?*. Dan nyokap jadi nyumpahin si Omani "coba lo nyetir di Jakarta, bisa terkencing-kencing lo mau jalan susah dihalangin motor, orang, macem-macem. Geblek siah. Makanya jangan ngebut terus!"

Hmm, Gw gatau sih siapa yang sebenernya salah. Maklum masih amatir soal permobilan.

Ngomongin soal penjara, temen kk gw disini uda ada yang pernah dipenjara 1-2 hari gara-gara melanggar lampu merah. Gokil kan? Katanya sih penjaranya enak. Cuma diem aja dikasih makan. Haha! Coba beneran diterapin di Indonesia, penjara kepenuhan!

Oiya, di supermarket bernama Lulu ini, somehow gw merasa diliatin deh sama cowok-cowok. Tepatnya orang India. Kenapa ya? Apa gw sangat cantik seperti Kajol? Apa gw bermuka pembantu? Apa gw bahenol? Apa karena gw gak pake gamis atau abaya? Entahlah tapi gw beneran jadi takut sama laki-laki disinih. Gw kan ga tau reputasi orang Indonesia mayoritas baik ato gak. Kalo dianggep murahan kan gaswat. Kaya si teteh aja, kalo diajak ngomong sama orang yang mencurigakan dia langsung bilang "i dont know i dont understand" wekekeke. (English Mode ON)

Malemnya, ke supermarket lagi, namanya The Sultan. Si teteh kapok nyetir untuk sementara LOL. Ada yang jualan jagung kaya di ITC loh! Tapi toppingnya ga beragam kaya di ITC Mangga Dua. Jagungnya pake garem gitu sama butter doang. Gw ga liat keju ato susu sih. Yaudah, selagi menunggu penjual jagungnya (mas Arab lumayan manis) sok asik gitu ngajak ngobrol ke Aa dan Dede.

"Filipina?"
"Indonesia."
"Andonesi?" Mukanya kaget. "But your eyes.. Filipina."
Dia nunjuk Aa yang sipit keturunan Cina Ciparay.


Mau lebaran Pak?

Hampir semua Omani yang gw lihat bergamis dan memakai Abaya (gamis hitam berkibar melambai). Yang cewe pake Abaya hitam dan kerudung hitam menggembung belakangnya (gw gak berani moto takut digeplak). Yang cowo pake gamis putih dan sorban bermotif khas Oman. Perempuan Arab dari kecil udah jago dandan deh. Gw liat dua remaja (ato anak SD?) dengan Abaya hitam tapi mengeluarkan aura Anak Gaul PIM mukanya mulus banget kaya Nikita Willy. Tapi yang ini versi lebih arab dan polesan make upnya oke lah. Gak menor tapi cantik bener. Jadi pengen kenalan, temenan, minta ajarin dandan. Mereka ga bosen pake abaya ya? Ah tapi mungkin kerudung disini cuma tradisi. Kalo diluar negeri langsung go sexy go sexy (referensi novel arab). Yang gak pake Gamis dan Abaya adalah orang non Arab misalnya India (pake sari), Filipina, Indonesia. Tapi temen teteh juga ada yang pake abaya dan cadar sih. Si teteh juga punya abaya, nanti kalo sempet gw mo poto2 pake itu biar jadi anak gaul Al Qurum.


Pohon bohongan
Hari Keempat

Jalan pintas ke Marjan Beach

Pagi-pagi berolahraga ke Laut Marjan yang dekat dari rumah. Pemandangan di Muscat tuh gimana ya... Mirip sama Yunani (referensi film Traveller's Pants itulah). Gunung batu, pasir, coklat-coklat, bangunan kotak-kotak. Bedanya disini sepi gitu, rumahnya gak mepet-mepet kaya di Yunani. Pohon dan bunga juga banyak sih, tapi emang ditanam, bukan alami. Jadi, tanahnya itu dibeli khusus untuk pohon dan bunga. Di bawah tiap tanaman udah ada selang-selang yang khusus mengairi biar tanamannya gak layu. Duh, inget di Jakarta tinggal lempar biji bisa jadi pohon. Di sini butuh tenaga dan duit ekstra buat nanem pohon. Rempong yak. Tapi semuanya dirawat jadi bagussss.

Oiya, pas pulang olahraga gw diliatin juga sama petugas India yang lagi bersihin rumah gara-gara gw poto-poto di pinggir jalan. Pertanyaan gw masih sama, mengapa gw diliatin orang India?

5 comments:

Jakarta in 5 said...

Sisterhood and The Travelling Pants maksudnya? hahahaha

Laut Marjan? Macem sirop~

Potoin dong anak gaul sana, secakep apa siy??

dhecuacat said...

Haish!
Lucu deh foto ponakan lo itu

Eh gue ga ngerti!
Jadi yg berhentiin mobil lo tu bukan polisi tapi orang yg mobilnya lo potong??atau mereka beneran polisi??

Mungkin lo diliatin India soalnya mereka bingung "ini kok cina tapi pk kerudung?"
atau ga "makhluk apa ini?"
nyahahahahahah

Rizuka said...

plototin balik aja tuh orang indihe

btw abaya brapaan?
pengen deh cosplay ke mal indo pake abaya bercadar

Nien said...

cakep2 lah orang arab tapi jarang ketemu yang seumuran. apa tampangnya tuwir ya?


masih misteri tuh yang brentiin polisi apa bukan soalnya dia kaga bisa ngomong inggrisss

hadu ga bisa mlototin balik, disini orang indo marjinal gw ngeri digebukin, abaya entahlah nanti gw poto deh ama tanya harganya

nyai dachimah said...

mungkin lo diliatin orang2 india karena mirip sharukh khan. hahaha

 
design by suckmylolly.com