Sunday, May 27, 2007

Nikmatnya Menjadi Pengkhianat

hari ini tepat seminggu sudah intensif SPMB telah berlangsung. FYI, gw ngambil IPS, seperti yang sudah direncanakan dari beberapa bulan lalu, meninggalkan kenangan manis bersama fisika, kimia, biologi, dan mat ipa... saatnya menyongsong hapalan2 yang segudang! saatnya membelot! saatnya berkhianat!

lumayan cape nih, tiap hari ga absen belajar (belajar itu seperti racun buat gw,huhu). senin ampe kamis tiap pagi uda nongkrong di BTA ampe siang. sorenya dilanjutin di NF ampe malem. hari jumat TO BTA, NF libur. hari minggu BTA libur, tapi NF masuk. yah..gw berharap selama sebulan ini gw akan mengurus karena kesibukan2 ini. walopun orang2 yang tau tentang harapan gw selalu bilang

"jangan banyak berharap!" dengan nada menohok jantung.

kemaren hasil TO pertama NF keluar (gw ga ikut TO BTA yang pertama). udah panik panik panik secara gw sama sekali ga belajar buat TO. abisnya hari pertama masuk udah disambut beginian, yah...pasrah saja..yang penting hasil kerja keras sendiri... dan jeng jeng jeng...

untuk masuk komunikasi masi kurang 45 soal lagih. buat hub internasional (yang iseng2 gw masukin berhubung sastra korea blom ada) kurang 50 soal. yah~ rangking 4 di lokasi tapi rangking 500an se-Indonesia. Gyabooooo!!

trus tadi baru ngeliat angka2 yang mesti dicapai buat masuk fakultas tersebut, dan...sastra korea UI yang baru..yang gw pikir ga akan seberat sastra jepang....ada di level F1. which is sekitar 700-710 an deh. dan nilai ijk masih 500 berapa puluh gitu. kurang 200lebih!!! tapi untungnya nilai yang terjun bebas ini menjadi motivasi... abisnya kemaren bokap gw ngomong gini.

"apa si nanien langsung dikawinin aja ya?"

walo gw tau itu becanda, jangan2 kalo kaga masuk UI ntar ge beneran dikawinin? eh tapi gw mau2 aja sih, depend orangnya sapa...hahahahaha. ya nggak lah!

kemaren ngebahas soal2 matdas NF... gw pikir sulit. ternyata.... jauh lebih gampang daripada mat ipa yaaa! (iya lah). alhasil kemaren gw menjalani les dengan hati berbunga2. motivasi langsung naek tinggiiiiiiiiiiii! baru pertama kali dalam 3 tahun terakhir ini gw bisa bersahabat sama matematika. anehnya lagi, kan ada soal2 turunan gitu, eh kata gurunya gini

"ini bisa pake rumus ekonomi aja yah? MR = MC. blablabla"

gw cuma bisa termenung. apaan tuh???

yah, walopun matdas uda bikin gw hepi, pas ngadepin ekonomi gw jadi keder. simpel sih, cuma ya gitu lah, rumusnya singkatan bahasa inggris semua yang ga ada penjelasannya di buku2 ekonomi yang gw punya. lah, meneketehe dong!! akhirnya gw slalu menjawab berdasar logika (padahal gw kan kaya agnes monica, tak ada logika). abis itu sejarah, gw jawabnya berdasarkan feeling. seenak udel aja lah ngisinya. contoh :

"pangeran Diponegoro mati di mana?"

trus gw mikir, oh, diponegoro itu orang yangTBC trus harus ditandu itu kan? hmm...kalo ga salah matinya di jakarta deh.

ternyata yang TBC itu Jendral Sudirman boo. gw juga bingung kenapa jakarta bisa terlintas di pikiran gw, mungkin saat itu fatahillah lagi mampir ke kepala gw juga. ngomong2 soal itu adalah soan nomer 1 sejarah di UM UGM kemaren. kalo gw lulus ujian tulis UGM sepertinya miracle banget ya, ngerjainnya aja pake hati, bukan pake otak.

lalu, kembali ke NF... hari ini gw ambil shift pagi (biasanya malem). trus pelajaran pertama itu sejarah. gw ga bisa berkutik deh. trus pas lagi ngebahas soal, ada anak di depan gw yang selalu nyaut kalo gurunya melontarkan pertanyaan ini itu.

"yaaak...perang jawa itu kapan? VOC dibikin kapan? perang paderi itu kapan? "

trus tu cw pun sibuk bergumam, "taun 1604...eh apa 1689 ya? eh...1789..eh..."
sumpah gw takjub banget... kebetulan tu orang duduknya depan gw persis, jadi gw bisa ngelirik catetannya yang aduhai rapi dan berwarna-warni... aduh, minder!

pas istirahat, mas2 sekretariat NF lagi ngobrol ama anak2 ips. nguping lah gw..

"....kamu tau ga kenapa anak2 ipa yang masuk ips nilainya lebih bagus?? karena mereka matematikanya diisi banyak...makanya kamu tuh isi dong matematiknya!"

"iya nih pak...gimana sih, lahan ips banyak diambil anak ipa!!!"

"nah, emang...makanya sekarang gimana caranya kamu bisa ngalahin anak ipa! sekarang kan segala macem isinya anak ipa semua! psikologi lah, hukum, ekonomi juga kebanyakan isinya orang ipa! bahkan guru -piiip- (mata pelajaran IPS) di NF juga orang ipa. kamu jangan mau kalah pokonya!!!"

"iya! jsdaishgeotjglkaenflajfpoasjdf...."
anak2 ips sibuk ngomongin soal kaum ipa yang tamak karena menjajah lahan ips dengan nada emosi dan mengutuk.

gw langsung pindah tempat, takut dikutuk. gw kan pengkhianat ipa dan penyusup di ips. dalam hati berdoa biar ga ketauan identitas aslinya, takut digebukin massal ^^;
ahhh..gw suka matematika dasar...

2 comments:

Rizuka said...

udah biasa kayak begono~
santay aje,, tetaplah menyamar sok2 anak IPS asli XDD

Nanien said...

hohooo. memang, tapi di kelas gw ada yang sinis gara2 gw anak ipa,

dia : *ngelirik gw* 'cih, anak ipa yang ngerebut lahan ips!'

gw: *tersenyum manis*

 
design by suckmylolly.com