Saturday, June 2, 2007

Geografi terpadu

"negeri ini butuh kamu, Nak!"
yap, kata2 itu berkali2 dilontarkan oleh guru geografi di bimbel gw, lupa namanya, kita sebut aja bapak Geo.
setelah vakum belajar geografi selama 1 tahun -di skola gw geografi hanya dipelajari 2 taun (kalo IPA)- akhirnya gw bertemu lagi dengan mata pelajaran yang dulu suka gw anggep repot ini, yah... ngapain sih ngapalin bentuk2 sungai? pola aliran sungai, dendritik, radial, sentrifugal, sentripetal, apalah itu... tapi berhubung gw berniat untuk tembus SPMB ya mao ga mao harus rajin belajar lahhh. dan tak gw sangka, geografi jadi salah satu mata pelajaran paporit gw di IPS, berhubung nilai gw terjun bebas di sejarah dan ekonomi.
balik lagi ke bapak Geo. pertama kali diajarin sama beliau, kesan pertama : begitu menggoda. ups. maksutnya nyeremin. berasa balik ke masa kaderisasi dimana kita berhadapan sama alumni yang uda tua dan mulai menginterogasi dengan nada ramah tapi tajam. gimana ga serem, tiap ngebahas satu soal, larinya kemana-mana (bahan yang dipelajarin, bukan gurunya). dari ngomongin batas landas kontinen, jadi ngomongin tingkah liciknya singapura. dari awan kumulonimbus jadi ke ramalan kalo taun 20xx istana negara bakal berada di bawah aer, dan jakarta akan menjadi kepulauan, yang jadi pulau itu kira2 yang daerahnya tinggi kaya di Bambu Apus deh, sisanya uda kaya pulo Atlantis, entah kemana. intinya, belajar sama beliau itu sungguh menambah pengetahuan umum. berhubung rata-rata anak muda jaman sekarang males baca koran dan mengetahui berita-berita terkini. paling yang kita tau (ato peduli) cuma sebates gosip2 artis ato hasil pertandingan bola ato hal2 semacem itu lah. dan kalo beliau membahas suatu issue, beliau suka nyeletuk gini,
"kalian tau ga? pasti pada ga pernah baca koran kan? ah, kaya kalian peduli aja sama negeri ini. kalian tuh ga peduli kan?!"
beliau ngomongnya dengan nada bercanda, tapi sungguh2 sangat menyentil hati. tapi herannya anak2 cowo di kelas gw pada ketawa2 kalo denger itu. gw aja bawaannya mingkem, langsung berkerut jidatnya mikirin kenapa-gw-jadi-anak-bangsa-yang-ga-peduli-nasib-negerinya. berlebihan memang. tapi intinya emang gitu.

"coba deh. pemasukan negara kan banyak, timah, emas, ****###@!!, tapi pertanyaannya, kemana duitnya? pertanyaan simpel, tapi jawabannya susah."
kalo yang ini gara2 abis ngomongin tipe2 pertambangan. pertambangan terbuka itu pertambangan yang di luar Gua. jadi tinggal nyangkul dikit trus uda bisa nemu emas gitu lah di tempat menambang. kalo pertambangan tertutup itu di dalem Gua. lebih repot tapi hasilnya juga lebi oke.

gw jadi inget perkataan suru geografi di bimbel gw yang laen

"tau ga kenapa negara2 sukses itu rata2 di eropa? soalnya mereka itu harus mikir kalo mau makmur, harus mikir, kira2 gw nanem apa ya biar bisa tumbuh di musim ini? gimana ya caranya biar tanaman yang gw tanem bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan duit?"
gw tambah bingung.
"Lah, kalo di negara tropis macem indonesia, yang tanahnya subur kaya gini, orang2nya miskin2. kenapa coba? karena kita itu termanjakan oleh keadaan yang kaya gini! musim di indonesia kan cuma 2, kita ga usa repot2 mikir besok mo nanam apa ya? wong tinggal lempar benih aja pasti bakal tumbuh kok. makanya, kita itu orang2 males. "

"yang disini orang2 males juga ga ya? SPMB masih 3 minggu lagi kan?"
anak2 cuma tersenyum malu.

trus pas ngomongin indonesia sebagai negeri maritim yang luas, dan ngomongin batas ZEE segala macemnya itu, dibahas gini,
"kita kasian yah, negaranya GEDE gini cuma punya 2 kapal selam. yang 1 rusak pula. coba bandingin ama Singapura, negeri kecil kaya upil aja punya 12 kapal selam. buat APA coba? sedangkan kita juga ga punya kapal perang (yang ngomong orang TNI, fyi, dikutip oleh Bapa Geo), cuma punya kapal 'patroli', yahh..gampang banget tuh hasil laut kita dicuri orang, kalo cuma punya kapal patroli (ibaratnya kaya hansip kali ya, kite bagaikan hidup hanya dilindungi hansip, tanpa polisi ato tentara, jadi kalo ada rampok dateng ya paling hansipnya kabur takut mati ditembak rampok bersenjata.)

kasian banget ya Indonesia?
intinya sih tiap pertemuan, bapa Geo selalu melakukan pendekatan batin kepada kami, murid-muridnya, agar menjadi orang2 yang 'bener'. bebas KKN, peduli bangsa, ga cuma ngegendutin dompet milik sendiri aja. karena nasib indonesia tergantung pada KITA.
yahh..kalo abis pelajaran dia, jadi timbul rasa emosi sama negara2 yang mengeruk keuntungan dari indonesia dengan cara ilegal (woi singapura, BALIKIN PASIR INDONESIAAAAAA!!!!!!!), ato pemerintahan yang bobrok parah. aduh, apa bikin kaya battle royale aja ya? orang2 nyampah, para koruptor kumpulin di satu, tempelin bom di leher mereka, bunuh satu2. wuh, parah bet ya. ga lah, imajinasi gw aja kok. *kejam mode:ON* dan kita bisa membuka lembaran baru dengan orang2 jujur.
tapi gw jadi emosi juga ama belanda (jaman dulu :kompeni). kenapa sih kita dijajah sama belanda yang ga ninggalin apa2 selain korupsi dan beberapa bangunan lama (yang uda mulai rusak karena ga dapet perhatian dari pihak terkait). sekalinya ada hal berguna yang diwariskan, kaya jalan kereta api, malah ga dipake sama indonesia, kaya rel kereta api yang di ancol itu, jadi rel mati. gw jadi bingung harus sebel ama penjajah ato ama orang2 berkuasa di sini.

bahkan kita ga bisa milih penjajah yang baik. yah, kalo ngeliat contoh2 negara yang pernah dijajah inggris, rasanya kalo boleh milih penjajah di jaman dahulu, gw milih inggris saja. *seenak udel*

ya, negeri ini butuh kita, teman2!

ps: gw lagi penasaran banget sama ramalan jayabaya nih, gara2 ramalannya beliau yang bilang kalo kita bakal dijajah sama belanda dan jepang itu beneran kejadian!

No comments:

 
design by suckmylolly.com