Wednesday, February 9, 2011

KTP

Kabar baik! Sekarang bikin KTP gak bisa nembak lagi. Setiap orang harus ngurus sendiri ke kelurahan setempat. Katanya sih.. apa ya, kemarin emak bilang nasionalisasi. Gak tau deh bener apa gak.

Singkat cerita, gw nganterin emak memperpanjang KTP ke kelurahan plus ngebenerin tahun yang tertera di KTP (you know lah di Indonesia mudah sekali merekayasa) karena emak gw sudah menderita diterpa kesulitan administrasi yang disebabkan oleh perbedaan tahun lahir pada akta kelahiran dan ijazah. Waktu mau masuk sekolah, emak gw dipalsukan lebih tua dua tahun biar bisa masuk. Begitulah, namanya juga orang jaman dulu ye, apalagi emak aye adiknya banyak, jadi harus cepat sekolah dan kerja untuk membantu beban orang tua.

Akibatnya terjadi di masa depan. Susah kalo mau bikin macem-macem yang butuh berbagai kelengkapan surat kalo tahunnya ga konsisten.

Kembali ke kelurahan. Namanya juga kelurahan, kecil ya tempatnya. Not to mention kita ada di pinggiran Jakarta, itu kelurahan deket banget sama rumah temen gw si Minanti. Anyhoo.. Emak dilayani dengan ibu-ibu berwajah datar (kalo gak mau gw bilang jutek).

Emak menyayangkan, kenapa tidak ada prinsip 'TEGURLAH PETUGAS KAMI BILA TIDAK TERSENYUM DAN RAMAH'. Katanya kalau di Rumah Sakit (doi mantan perawat) tuh harus senyum selalu. Padahal disini petugas pemerintah ya? Om Foke, naekin deh gaji para petugas kelurahan biar mereka bisa tersenyum kepada masyarakat.

Ada bagan tentang cara bikin KTP dan berbagai surat lainnya. Disitu tertera bikin KTP perlu 14 hari dengan biaya 0 Rupiah. Hore!

Tapi...
Nyokap harus bayar 10 rebu sebagai denda telat memperpanjang. Siap lah.
Yang bikin gw kaget adalah, petugasnya, cewe, bilang gini..

'Bu, kan ini mau diganti datanya. Saya harus ke sudin. Nah, terserah ibu deh mau kasih ongkos berapa buat ke sudin...'

WOOT? Gw gak mempermasalahkan jumlah uang yang dikeluarkan, tapi..
Ini masalah integritas woooy. Emangnya kalo ongkos jalan gak dikasih dari kantor? Pasti dikasih kan? Gw pun membombardir nyokap dengan pertanyaan émangnya kalo ga dikasih uang KTPnya gak jadi?'. Nyokap yang males repot pun mengunci mulut gw. Udah lah, biarin aja, katanya. Yeeeey emak gw malah ikut-ikutan terjerumus budaya busuk orang Indonesia.

Tapi kan... mendingan bikin KTP nembak deh ga usah repot-repot ke kelurahan daripada udah repot ke kelurahan tetep ngeluarin duit lagi. Zzzzzzz...

No comments:

 
design by suckmylolly.com