Friday, February 4, 2011

Kokuhaku (Confession)

Inti ceritanya adalah guru yang membalas dendam pada muridnya yang telah membunuh anak perempuannya dengan cara yang tidak biasa.

Cerita Kokuhaku terbagi menjadi beberapa 'bab' pengakuan dari masing-masing karakter penting. Dari pengakuan itu, kita bisa melihat kejadian-kejadian dari sudut pandang yang berbeda dan akhirnya kita bisa menyimpulkan seperti apa kenyataan yang sebenarnya. Kalo lo suka nonton film yang punya twist banyak, Kokuhaku sangat pantas ditonton.

Film ini dibuka dengan monolog Moriguchi Sensei (Matsu Takako) di kelas. Sampe beberapa belas menit setting masih di satu tempat. Tetapi gw sama sekali gak bosen, malahan semakin penasaran dan deg-degan.

Ketika gw rekomendasikan film ini sama beberapa orang, Yuni, komentar kalo ini film psiko banget. Ya, isinya beneran gloomy dan penuh hal-hal gila. Tapi gw sama sekali gak bosen walaupun warna filmnya sendu (nuansa kelabu) dan ceritanya penuh depresi. Soundtrack sangat membantu, tiap scene diiringi backsound yang sangat membantu kita terhanyut dalam cerita. Ada unsur humor kelam yang membuat gw ketawa sambil merasa miris. Pengambilan gambar yang artistik, slow motion tetesan air, gambar langit yang indah, analogi-analogi membuat film ini tidak sekedar 'sadis'. Walau beda genre sama Battle Royale yang penuh bunuh-bunuhan, Kokuhaku juga punya adegan-adegan penuh darah. Di Kokuhaku, muncratan darah aja terlihat indah dan artistik.

Buat gw, klimaks film ini ada dimana-mana, sampai di saat-saat terakhir. Ayo nonton sendiri di tengah malam biar semakin terbawa suasana :)

4 comments:

Rizuka said...

lo nonton dorama watashi no kyokasho ga? macam gini jg nih, seru

oke ntar eke minta aja deh.

Seeta Caesarianey said...

mau dong nonton, yuk nginepan lg di bambu apus nonton pilem serem hiiii

Nien said...

@riju: iye gw ntn kok yang wtashi itu. tapi gw lebi suka kokuhaku

@lescha: hm enakan ntn di home theater lei, dirumah gw kan kaga bisa.

dhecuacat said...

Hm....terinspirasi sama si Akutagawa Ryunosuke "Yabu no Naka", kl ga slh ni org yg pertama kali bikin cerita dari beberapa sdt pandang.
Trus jahatnya sampai akhir kita ga tau siapa pelaku pembunuhan sbnrnya di cerita itu >,<

Ah saatnya minggu dpn k rmh lo!hehe

 
design by suckmylolly.com