Monday, January 21, 2008

kayaknya copet...

barusan gw balik dari kampus naek angkot 19 seperti biasanya. duduk di pojok sebelah kiri deket jendela belakang, bukan deket sopir. karena sudah sekian bulan naek 19 dengan aman gw santai aja nelpon di angkot dan masukin ke tas gitu aja. berhubung tas gw kecil jadinya emang itu hape terletak di bagian atas. kebetulan waktu itu angkot ga gitu penuh, tapi gw emang ga gitu mratiin keadaan sekitar soalnya lagi sibuk baca novel. lagi asyik2 baca, tiba2 gw ngerasa orang sebelah duduknya ngedesak ke arah gw, kebetulan dia bawa tas ransel gede tapi kerasa sama gw kalo isinya itu kosong. uda gitu dia bau pula. iuw. tapi gw pikir emang dia aga sempit dudukya jadi ngedorong2 gw. tiba2 dia minta tolong gw untuk nutup jendela. anehnya pas minta tolong kok mukanya mencurigakan gitu, agak panik. abis gw nutup jendela, gw mikir bentar. kayanya ada yang salah deh. gw cek resleting tas, kebuka seperempat bagian, cukup untuk ngluarin hape. deg. gw buka tas dengan heboh dan ngeliat hape uda ga ada. untung tas gw kecil jadinya nyadarnya cepet ga perlu ngubek sana sini. gw nepok2 paha (ngecek saku gitu) ga ada juga. kebetulan emang resleting gw letaknya ada di sebelah mas-aneh-dengan-tas-gede-dan-bau-bodi-tengik itu. GLEK. pas gw liat si mas2 sebelah uda ngeluarin duit buat turun. makin panik. makin curiga. gw langsung setengah treak,

"HAPE SAYA ILANG!" sambil heboh nengok sana sini takut nyelip di bangku ato gimana. tiba2 mas sebelah dan mas di depan nunjuk lante angkot,

"itu tuh."

gw heran, hape gw kan berat, kalo jatoh ke lante angkot kan otomatis ngeluarin suara JEDUK. tapi ini bener2 hening, tau2 muncul aja di lante. kaya dipindahin jin. oh mungkin si jin adalah mas sebelah gw. emang gw kedengeran parno uda nuduh orang ato gimana. tapi keliatan banget dari gelagatnya. mepet2. mengalihkan perhatian (dengan minta tolong nutupin jendela). tapi gw lega banget. soalnya gw takut si mas2 mencurigakan itu keburu turun waktu gw bilang hape gw ilang. langsung gw masukin tas dan ngebenerin posisi resleting jadi ngadep angkot so ga ada yang bisa nyentuh hape gw lagi. tasnya gw peluk kenceng2 sambil pasang posisi ngadep mas2 sebelah. langsung gw liatin si mas2 sebelah dari atas ampe bawah. baju rapi. sepatu tanpa kaos kaki. tas ransel gede yang kosong. bau badan (oooops. tapi beneran). dia lagi maenin jari2 sambil megang ribuan dan masang muka aga gelisah. pasti udah mau turun, gw pikir. tiba2 gw ngeliat si mas sebelah ngelirik ke depannya. ternyata si mas depan yang tadi ngasitau hape gw di lante juga ngeluarin ribuan. KAYANYA ITU KOMPLOTANNYA, gw treak dalem ati. masih deg2an karena emosi nyampur jadi satu. gw mratiin si mas depan. raut mukanya jengkel, mungkin kesel sama mas sebelah gw karena ga berhasil dalam melaksanakan tugas. kayanya mereka belagak ga kenal tapi diem2 ngasi kontak mata. ternyata si mas depan juga berpakaian mirip. baju rapi, sepatu, dan tas gede yang kliatan kosong. gw makin gencar mratiin mereka bedua. si mas sebelah agaknya gelisah dipratiin gitu, dia sibuk ngeliat ke arah jalan sambil aga ngelirik si mas depan dan gw. si mas depan juga ngelirik gw. mungkin pandangan gw kerasa menusuk buat dia. gw masang pose defensif yang sangat lebay dan nyolot. tas gw peluk seerat mungkin bagaikan lagi meluk cowo tampan trus kaki gw angkat satu. maksutnya menyilangkan kaki tapi karena pendek jadinya kesannya mo nendang orang. KEBETULAN arah kakinya ke dua orang mencurigakan itu. mas sebelah ngeliatin sendal dan kaki bantet gw dengan sikap ga nyaman. si mas depan lebih pemberani, dia ngeliatin kaki gw dengan nyolot trus ngeliat muka gw. merasa ditantang, gw bales liatin dia, mo liat reaksinya kaya gimana. ternyata dia ga buang muka. jadinya kita liat2an. sebenernya bisa aja jadi adegan romantis sayangnya orang depan gw itu ga keren sama sekali dan kemungkinan besar adalah copet. uda gitu dia nunjuk kaki gw sambil nunjuk celana yang hampir ketendang sama gw.

gw: *dagu mendongak, tampang sengak* "kenapa mas?"
dia: "itu, kaki."
gw: "kenapa? ga kena celana kan? tempat duduknya masih luas juga kan?"

mungkin saking deg2an walo muka sengak tapi suara gw ga gitu jelas.

dia: "hah? apa?"

gw diem aja. muka tetep sengak. dalem ati takut dibacok ato diikutin ampe rumah. abis mukanya serem.
dia tetep ngeliatin kaki gw dengan muka WOY-TURUNIN-KAKI-BANTET-LO. gw bales dengan muka APAAN-LO-HAK-GW-DONG-MO-NYILANGIN-KAKI-TOH-GW-BAYAR-ANGKOT-JUGA.

gw: "knapa?"
dia: *menggumam* "kaki..cw..ga sopan."

gw makin menegakkan kaki. akhirnya si mas depan yang nyolot buang muka.
si mas sebelah treak2 "KIRI BANG!". seperti yang udah gw duga, mereka turun bareng. sama2 bawa tas ransel kosong. mungkin buat naro barang2 copetan. gw mengiringi kepergian mereka dengan pelototan. abis mereka turun langsung ngerasa super lega. Thx God, gw ga dibacok. gw takut aja uda sok sengak dan nyolot tau2 mereka ngalungin golok ke leher. mendingan gw diem manis.

hikmah dan pesan moral

1. jangan make hape sembarangan di angkot
2. jangan naro sembarangan di tas
3. curigain orang2 yang mratiin waktu lo naro hape ato lagi megang hape. sebenernya gw emang ngerasa diliatin, tapi takutnya itu cuma penyakit geer yang suka kambuh. soalnya gw sering banget ngerasa diliatin cowo ganteng padahal cuma khayalan gw doang.
4. kalo ada orang mepet2 banget trus mengalihkan perhatian kaya muntah2, mijit2, ato minta buka/nutupin jendela ato jatohin sesuatu, dll, hati2lah. kayanya pas mepet2 itu dia nyoba buka resleting, pas lagi mengalihkan perhatian sapa tahu tangannya lagi gerepe2 hape kita.


kalo uda dapet tanda2 diatas segera cek keberadaan hape anda. kalo ada ya syukur, mungkin cuma keparnoan aja, tapi kalo ga ada, segeralah berbuat heboh dan umumkan pada warga angkot bahwa hape anda ilang. syukur2 kalo dikembalikan secara ga langsung kaya kasus gw. kalo ga ada yang balikin gerepe aja smua orang dan bawaannya.
selamat dicopet! :p

5 comments:

Rizuka said...

hmm,, gw salut skarang lo sudah mulai berani bertindak macem2 gitu.. ckck..
pencopetnya pasti kesel banget tuh..
gw tau yg di depan pasti bosnya, yg mau nyopet lo itu baru praktek! makanya ati2 di angkot, waspadalah, waspadalah!

Nanien said...

pastinya. keliatan banget yang di sebelah gw emang blom propesional. dan laen klai copet itu harus wangi ga bau badan jadinya korbannya ga cepet curiga kaya gw hahahahaha

Thi said...

Waah, keren tuh tindakanmu! tSementara waktu gw nyaris dicopet di bis beberapa waktu yang lalu (Orangnya ngalihin perhatian dengan cara nanya jam berapa -- lengkapnya di blog dah gw tulis da...), gw cuma bisa diem dan megang tas erat-erat sambil nundukm nunggu copetnya pergi....

Nanien said...

wah, kadang2 emang harus diem aja sih. takutnya si copet orang yang nekat kan serem toh kalo nyawa kita yang dikorbanin hiii

aNdRa said...

Wah hebat loe Nien. Tapi hati2 ya.. jangan bertindak berlebihan, takutnya ya kyk loe bilang itu, diikutin lah, dibacok, diapa2in. Waspada penting banget di angkutan umum.

 
design by suckmylolly.com