Sunday, January 27, 2008

bicara itu tidak mudah!

hari ini adalah hari kedua training penyiar. i thought to be an announcer is easy. cuma ngomong doang gituh. nyatanya???? AMPUN DIJE!!!

hari pertama: kreativitas. well, mostly we were just playing some word games. it was fun. bener2 harus panjang akalnya buat menghubung2kan antar kata yang bener2 ga nyambung. seru! gw inget deh apa yang harus gw omongin saat itu,
INDIA, ASIN, PENARI TELANJANG, RUMAH PRODUKSI.
lagi asik2 ngomongin soal joget2 india, suruh nyambungin ke asin. gw bilang aja kalo kringetan kan otomatis berkeringat, nah apa rasanya keringat itu? asin. jadi kalo kurang garem boleh lah tambahin keringat ke dalam masakan kamu... trus jadi ngomongin makanan. tau2 disuruh nyambungin ke penari telanjang. GYAAAA! agak gagal sih gw emang dalam hal retorika bersambung seperti ini. ah, harus belajar lagi!

hari kedua: aga jiper dengan penampilan trainer yang sedikit jutek, TERNYATA baek banget bo. tapi denger2 dulu emang galak, ke angkatan gw aja yang beda. IHIHIHIHIHIHI. *tawa bahagia*
hari ini yang kita pelajari adalah soal pernafasan, artikulasi, intonasi, speed, dan pengucapan.
tak lupa belajar nahan napas trus dikluarin dengan suara mendesis. target harus bisa nahan 30 detik dan hembusin 30 detik. NGOK. tapi hari ini baru ampe 15 detik sih. trus senam muka, pasang muka sejelek2nya, mencongin bibir kesana kemari kaya bibir sang cinta laura *piss ya cinlau*, trus treak2 A,I,U,E,O pake suara bulat dan suara biasa (cempreng). fuaaah. seru loh. abis itu langsung latian ID CALL.

107,9 RTC UI FM, radio mahasiswa universitas Indonesia...
atau
107.9 RTC UI FM your favourite student radio in town...

kalo lo kira ngomong gituan gampang? BEUU. smuanya harus dipratiin. intonasi. kecepatan. artikulasi.
trus latian ngomong di intro lagu dan harus brenti PAS BANGET sama vokal lagunya mulai.(bisa bayangin kan ya?) aaaaaaaahh itu sih beneran harus bisa ngakal2in diri deh. kalo lagi ngomong trus bahannya uda abis trus ternyata lagunya masih lama? hmm. itulah gunanya training kreativitas. GLEKH.

lanjut! latian baca skrip. yang paling edun untuk hari ini ya ituh, kita disuru siaran dengan opening ID CALL di intro lagu 1 trus brenti pas lagunya mulai, lanjutin lagi ngomong dengan skrip yang udah ada di outro lagu 1 (intro: awal lagu, outro: akhir2 lagu lah ya) dan lagi2 TERNYATA ngembangin skrip itu ga gampang! apalagi ditambah rasa nervous yang menggila. maklum ini pengalaman pertama boo. apalagi gw yang orangnya cepet panik. *usep peluh*
udah gitu disambung lagi sama intro lagu 2 dan kita harus selese ngomong TEPAT pas lagu 2 (vokalnya) dimulai. nah lho. jadi kita ngomong selama outro 1+intro 2 dan harus brenti ngomong disaat yang tepat, ga bole kurang ga bole lebih. kalo kita uda familier sama lagunya sih enak, uda tau lah dimana kira2 lagunya dimulai dong, otomatis jadi tau juga kapan tepatnya harus berenti ngomong. nah kebetulan tadi 2 lagu yang nemenin latian gw siaran sama sekali blom pernah gw denger. gini deh kalo mo jadi penyair tapi perbendaharaan lagu cuma dikit, huahhh. jadinya agak keder juga pas ngomong, bingung mau brenti kapan dan gw tak sukses untuk brenti di saat yang tepat. HIKS. harus lebih rajin lagiiiiiiiiiiii, nien!!!!
eniwey, setelah evaluasi sih katanya artikulasi gw uda lumayan. HMM. sepertinya ini adalah efek samping dari bibir gw yang mirip cinlau kalo lagi ngomong. ga bisa lurus. menyon2 kesana kemari. agak senang juga punya BBB. bukan bibir biasa.
ganbatte!!!

tgl 7 feb trainernya cessa nasution loh, hihihi. nanti lah gw lanjutin lagi laporannya. ciao!

2 comments:

gadisbintang said...

hahahahaha..
semangaaattt yaaa.. :)
jadi inget masa2 indah duluuu.. X)

gimana makernya?
nggak diapa2in kan?
hihihi..

yang ngelatih siapaa??
tell me more.. tell me mooreee.. roger moore.. :D

aNdRa said...

Bwahahahah... hope i can see those BBB :-P keep the spirit ya Nien..

 
design by suckmylolly.com