Sunday, April 22, 2012

Reverse Vending Machine

Di sudut pintu masuk museum Monas, ada vending machine berisi serpihan sampah plastik. Usut punya usut, ternyata itu Reverse Vending Machine, semacam mesin yang ngancurin sampah botol plastik atau pun kaleng. 


GEMAS: Gerakan Membuang Sampah




tempelin barcode ke infrared

Lubang akan terbuka, masukkan botol kosong

pencet tombol hijau, akan keluar receipt
Tiap mesin biasanya punya satu sponsor. Nah, mesin yang di monas ini sponsornya Danone, jadi lubang gak akan kebuka pake barcode selain Aqua. 

Gw berdiri lamaaaaaa banget di depan mesin ini sampe menarik perhatian orang-orang yang baru masuk Monas. Jadi rame gitu dikira ada apaan kali ya. 

Seneng deh denger suara mesin yang sedang memotong-motong plastik menjadi serpihan. Yang gak asiknya, receipt gak keluar otomatis, jadinya harus sigap mencet tombol hijau selagi ia menyala. Gw juga belom tau sih bakal dapet imbalan apa karena infonya ga jelas walau setiap kita ngancurin sampah, dapet 20 poin (tertera di kertasnye). Kalo di tempat lain (luar negeri) sih bisa jadi voucher or diskon apaan gitu dari receipt reverse vending machine ituh. Ngarepnya sih keluar duit ya..buat beli minum lagi :p

2 comments:

Rizuka said...

cuman di monas ya?
kok eke ga pernah liat yg kyk gini

awaluddin said...

ada juga qo yang bisa keluar duit...
penasaran yaaaa ?


waktu itu pernah ada di senayan.
mau lihat penampakannya ?

klik aja...
www.reksakencana.co.cc

 
design by suckmylolly.com