Friday, July 15, 2011

Tips Lulus Kuliah Bahagia (2)

Btw, kemaren gw menjemput rombongan Oman. Ya ampyun ponakan cewek gw lucunya luar biasa. Minta digigit. Tapi dia masih takut sama manusia Jakarta, jadi tiap liat gw matanya memancarkan rasa horor. Keponakan gw yang pertama bahkan lebih belagu. Pas ngeliat gw, dia langsung bilang, 'Who's this?'. Okee, becandanya sombong. Begitu gw nyerocos dia bilang, 'I don't understand what are you talking about.'. Okeee sok sok gak ngerti, gitu ya sekarang padahal dulu logat dia sunda kental. Mehehe.

Mari lanjutkan tips terakhir untuk lulus kuliah dari komunikasi UI dengan rasa bahagia.

Langkah keempat:

Kerjain skripsi/tkanya! Kerjainnya runut dari awal. Gw dulu berpedoman pada TKA-TKA orang yang dapet nilai A. Gw gak ngerti, kenapa harus cari riset nielsen, kenapa harus cari rate card, kenapa harus begini, kenapa harus begitu. Pokoknya rabun banget. Ternyata, saat gw mulai mengerjakan, lama kelamaan ada sinar-sinar lampu senter yang mencerahkan hati. Otomatis gw tahu, oooh.. gw butuh data seperti ini..itu..bla bla bla. Jangan terlalu berpatokan pada skripsi/tka orang lain karena belum tentu data yang lo perluin sama kaya punya mereka. Contohnya nih...

Bab 1. Latar belakang. Gw butuh narasumber untuk menguatkan argumen gw tentang ‘mengenal budaya asing itu perlu’. Gw lari ke Antropolog dan bertanya-tanya mengapa kita perlu mengenal budaya asing? Cari siapa yang bisa menguatkan latar belakanglo, datangilah dia, wawancara, dan dapatkan pernyataan mereka. Kutip untuk menguatkan argumen ente.

Jangan lupa banyak-banyak berdoa agar dimudahkan dan diberikan narasumber yang asyik. Gw kebetulan dapet jackpot satu narasumber yang nyinyir banget kayak nenek lampir. Lumayan makan hati dan membuat gw sadar kalau dunia nyata itu super kejam. Rasanya seperti ditusuk sembilu. Walau gw gak tau sembilu itu apa.

Lo harus paham semua yang lo tulis. Kalo kata seorang dosen sih, setiap langkah yang lo buat harus ada alesannya. Misalnye, kenapa gw milih budaya asing sebagai tema, soalnya itu lagi jadi tren. Bisa diliat dimana? Liat aja bahwa pertumbuhan buku traveling ke luar negeri dari tahun ke tahun meningkat banget. Bla bla bla. Gitu deh.

Langkah kelima:

Kumpulin ke mas Gugi. Tinggal tunggu tanggal sidang dan siapa pengujinya. Kalo kemarin sih berhubung mas Gugi repot, gw sendiri yang bikin janji ke penguji dan pembimbing kapan jadwal sidangnya. Siapin mental baja. Bikin powerpoint menarik, gak usah bahas semua, tulis aja poin penting yang ditonjolkan karena sebenernya paperlo udah dibaca ama penguji dan pembimbing. Biar makin siap, sebarin proposallo ke beberapa orang, suruh mereka nanya bagian yang mereka gak ngerti. Cari sebanyak-banyaknya pertanyaan yang mungkin diajukan.

Langkah keenam:

Sidang. Suasana bisa tegang atau malah santai, tergantung siapa penguji, pembimbing, ketua sidang, dan performa lo. Tetaplah tenang. Apa perlu kita nyiapin makanan buat dewan penguji? Gak perlu karena gak ada tuh ketentuannya. Tapi ada orang-orang yang tetep mau nyiapin. Kalo di hari itu jadwal sidangnya berentetan, bisa patungan aja sama temen2lo yang sidang di hari yang sama. Kebetulan jadwal gw abis makan siang jadi pasti dewan penguji udah pada kenyang...

Di Komunikasi, untungnya gak ada ketentuan baju sidang itu harus blazer dkk. Yang penting rapi. Jangan pake jeans atau sendal atau kaos. Gw cuma pake blus (yang buat orang mungkin informal tapi buat gw itu rapi banget) gak masalah. Bahkan Lei pake sneakers aja tetep dapet A (setelah gw bandingkan, yang bajunya biasa aja palingan Cuma gw dan Lei aja hihihi). Intinya, penampilan gak harus heboh yang penting tetap rapi. Tetap yang dipentingkan adalah performa lo saat sidang, bukan baju lo. Tapi kalo lo semakin pede saat pake baju super rapi, dandan aja yang heboh.

Langkah ketujuh:

Keluar sejenak dari ruang sidang karena dewan penguji akan mendiskusikan nilailo. Istirahat, pipis dulu.

Langkah kedelapan:

Masuk lagi ke ruang sidang untuk mendengar pengumuman lulus/tidak lulus. Kasus tidak lulus itu jaraaaang sekali terjadi. Hampir pasti lulus, tapi harus revisi. Untunglah gw Cuma revisi perintilan format tulisan bla bla bla. Sebenernya sih nilai kan udah keluar ya.. jadi revisi palingan Cuma biar hasil karya kita yang masup perpus itu uda bener 100%. Gak ngaruh sama nilai sih kayaknya. Tapi lo tetep harus revisi dooong demi kepuasan batin. Kan malu ntar kalo skripsi/tka diliat anak cucu tapi masih ada kesalahan yang tersisa. Apalagi kalo lo dapet penguji yang teliti. Jadi, buruan deh revisi!

Langkah kesembilan:

Berikan hasil revisi ke penguji dan pembimbing (yang teliti). Kalo masih ada kesalahan, ya revisi lagi sampe sempurna. Kalo kalian beruntung karena mereka tidak mau periksa revisi, ya tidak usah kasih. Lapor aja kalo uda revisi. Nyeheheh.

Langkah kesepuluh:

Print. Bolak-balik.. Hardcover. Dua hardcover untuk MBRC. Dua softcopy di cd untuk MBRC. Satu cd berisi softcopy untuk jurusan. Sumbang dua buku (wajib, erm. Namanya sumbang harusnya sukarela ya?) ke MBRC.

Nyetak hardcover ini cukup lama. Di hari biasa, mungkin bisa satu jam. Di hari tidak biasa (deadline) bisa..9 jam. Makanya, lebih cepat lebih baik. Tempat favorit gw adalah di superprint margonda. Murah meriah asik ada wifi. Setelah tanya teman-teman, mereka bikin hardcover 25rb. Di super hanya 17.500. Eh tapi gatau ya apakah itu udah sama perintilan macam pembatas halaman, soalnya kemaren gw bayar langsung aja kaga pake mikir karena uda diujung tanduk deathline.

Langkah kesebelas:

Nikmati hari sebagai pengangguran.

3 comments:

Ifnur Hikmah (iiph che) said...

Ck, itu bagian yg ngebahas soal baju gue merasa ekpanggil Masalahnya gue lebih rempong ngurusin mau pake baju apa ketimbang proposal dan power point, hihi

Seeta Caesarianey said...

koreksi: gw pake sneakers dan jeans.
betul, yang penting rapi, tapi bukan berarti harus formal. tafsirkan sendiri maksud kata 'rapi' menurut lo masing2 and you'll rock!

terus.. jangan lupa latian presentasi, ngomong sendiri di depan kaca atau minta ditonton temen, atur tone-nya, atur kecepatannya, pastikan semua slide bisa dirangkum dalam 10 menit presentasi, soalnya kalo di-cut itu menohok sekali lho~ :)

Maya Safira said...

dimohon bimbingannya bu nanien. gw akan sgera meluangkan wkt nginep di rumah yey. hoho

 
design by suckmylolly.com