Sunday, July 29, 2012

Tante yang berdedikasi


Tiga mainan gw sudah pulang ke tanah air! Kemarin, impulsif ngajak dua bocil aa dede nonton ice age, selain untuk ngabisin duit, sekalian melipir ke kantor demi sesuatu yang berbau akal bulus. Bersama rombongan tisha, kami menempuh perjalanan panjang naik transjakarta. Deg degan loh bawa anak dua biji. Yang satu lagi puasa, yang satu jalannya lelet sehingga cenderung jadi anak hilang. Keduanya punya potensi berantem di depan umum dan merepotkan babysitter.

Jadi, sebagai Tante yang baik, gw bilang gini:
"kalo berantem dan bikin repot, ditinggalin di jalan ya. Ngamen aja gih biar bisa dapet duit pulang."

Mereka pun menatapku dengan pandangan minta ampun.
aa dan dede


Ehem. Speaking of ngamen, si aa itu hafalan qurannya udah gaul banget. Gw juga kalah telak kalo dibandingin waktu gw masih sd. Nah, yang paling mengkhawatirkan dari si aa adalah nafsu makannya yang cuma besar kalau menghadapi junk food. Makanya doi kurus singset kaya model catwalk gitu. Pas lagi ngumpul sama majikan (nenek si aa) dan ibu jendral (emak si aa), kami sedang memberi wejangan pada si bocah untuk makan banyak karena banyak orang yang nasibnya tidak beruntung, seperti anak kecil pengamen yang ditemui jendral di angkot. Si pengamen kuruuus seperti si aa. Maka itu jendral khawatir si aa bisa nyaru sama pengamen kalau pake baju lusuh trus naek angkot.

Agar si aa termotivasi untuk makan, gw bilang:

"Coba aja aa naik angkot terus pake baju lusuh dan baca hafalan surat. Kalo dikasih duit berarti aa kurus banget sampe mirip pengamen. Kan pas banget lagi bulan puasa, kalau ada yang baca quran pasti dimengerti,"

Aa masang muka kecut. Nenek, emak, dan tantenya ngakak sampe lemak perut bergoyang.

Balik lagi ke Ice Age. Ternyata lucu yak, itu mematahkan pendapat gw kalau nonton kartun di bioskop sama kaya buang-buang duit.

Tadinya mau pulang naik transjakarta lagi, tapi mengingat udah sore menjelang buka puasa (walau wiken), kecil kemungkinan dapet tempat duduk. Kata emaknya juga suruh naek taksi aja. Ya udah. Eh, tiba-tiba taksi mahal lewat di depan hokben (beli takjil dulu), para bocah itu inisiatif aja gitu buka pintu taksi. Err err err. Padahal tadinya mo nyari yang tarip bawah gitu buahahaha. Ya udah, telanjur buka pintu, mari masuk. Ternyata keputusan yang tepat untuk naik taksi. Baru beberapa menit, keduanya udah ngorok. Capek kali ya gw suruh menyusuri jembatan neraka semanggi yang butuh waktu 15 menit plus jalan lagi dari Bank Indonesia menuju kantor. Apalagi si aa lagi puasa. Super kasian dong kalo gw ospekin mereka dengan cara pulang naik transjakarta yang penuhnya bikin heran kenapa orang masih bertahan di Jakarta (termasuk gw).

HeyHeyPig Baby Emoticons 13Pesan moral? Lebih nyaman main sama ponakan kalau lagi gak puasa dan naik taksi. Enak sih naik transjakarta tapi kalau penuh kan kasihan anak-anak kecil gak bisa duduk. Ribet gandeng dua orang dengan kecepatan jalan yang berbeda. Yang satu lelet dan banyak distraksi, yang satu ngeluh kelaperan tapi gak mau batal juga puasanya. Tapi seru kok!

No comments:

 
design by suckmylolly.com