Wednesday, November 17, 2010

Gantian

Istri harus mengabdi pada suaminya.


Kalau mendengar kalimat itu, terkadang gw jadi bertanya-tanya... Kenapa kok kesannya cewe selalu harus melayani. Kapan dong kita dilayani? Kok rasanya gak adil ya?

Tetapi obrolan singkat dengan tante gw mengubah persepsi gw. Tante cerita tentang salah satu tema pengajiannya. Ternyata, seorang anak laki-laki harus mengabdi pada ibunya. Malahan, ibu harus berada dalam prioritas yang lebih penting daripada anak dan istri! Woow. I never knew that.

Alkisah seseorang lelaki yang hidup di jaman nabi Muhammad. Anaknya merengek minta susu. Sang lelaki berkata,

Nanti ya Nak, tunggu nenekmu bangun dulu.


Si lelaki mendahulukan ibunya daripada kebutuhan anaknya. Bukan berarti si lelaki itu meninggalkan kewajibannya untuk mengurus anak-istrinya, tapi prioritas menurut islam adalah ibu. Coba lah pikir. Cewe udah banting tulang lari sana lari sini ngurusin anak dan suami. Terus kapan dia diurusin dong? Terus masa anak-anaknya nanti ga ada yang mikirin ibunya? Sengsara amat jadi cewe. Gantian dong anak laki yang ngurusin ibunya. Anak laki juga harus ngurusin adik-adik perempuannya (kalo punya). Itulah alasan mengapa laki-laki mendapat warisan yang lebih banyak daripada perempuan. Soalnya dia punya tanggung jawab lebih. Bukan berarti gak adil. Justru itu adil.

Pandangan gw tentang cowok yang anak mami jadi agak berubah. Tidak terlalu negatif lah. Yaah, kalo seorang laki-laki saleh berbakti sama maminya, gw rasa dia juga akan jadi suami yang saleh yang sayang istrinya juga deh.

Jadi, maklum aja kalo suatu saat si suami pengen ngedot bolak balik ke rumah maminya, tak boleh mengekang, tak boleh melarang karena itu adalah kewajiban mereka :)
lagak gw nulis kaya beginian kaya udah mau kawin aja LOL

So, Tante Poni, nanti didiklah sang Toma untuk menjadi anak berbakti. Nino juga suatu saat akan gw didik dengan baik biar masa tua gw menyenangkan.

5 comments:

nyanya - mightybangs said...

hahahaha. ini berasa zleb loh. emang kudu ikhlas kalo Mr Toraja mengutamakan kepentingan nyokapnya ya. hehehe iya Insya Allah Toma dan Nino akan sama-sama jadi anak baik.

btw gue udah punya nama buat calon temennya Narsha. yakni... Kirei. hahaha semoga wajahnya sebanding dengan namanya.

Yuni Winingsih said...

nah itu dia makanya kenapa gw pengen semua anak gw laki semua trus gw jadiin boyband nien hahahha *yg trekahir nggak nyambung sih* hahahah

hoo jadi itu alasannya kenapa warisan anak laki lebih gede yang meski dia bukan anak yang pertama

nyai dachimah said...

kebetulan semalem gw juga baru nonton "emak ingin naik haji".
mungkin si asma nadia jg terinspirasi dr kisah anak lelaki yang mengurus ibunya.

Nien said...

@nyanya:auww.. udah paling cocok kalo si omo ditempatin bea cukai jepang dah. iya Nya, berdoa aja semoga nanti si Toma akan berbakti sama lo = Omo berbakti pada nyokapnya. Hokhokhok

@yuni: bener yun, nanti kerasa banget deh lo jadi ratu di antara anak2 laki berotot calon boyband hahaha.

@dachi: yang gw perhatikan adalah reza rahardian yang ciamik di pelem itu!!!

Ajay said...

hehey

 
design by suckmylolly.com