Saturday, May 7, 2011

Logo

Ada seorang kawan yang mendalami bidang Desain Komunikasi Visual. Dari SMP bakatnya emang udah keliatan, jago banget menggambar. Entah mengapa, orang-orang yang mendalami bidang seni tampak misterius di mata gw. Mungkin karena itu bukan dunia yang gw pahami ya. Kamar temen gw ini penuh dengan barang-barang lucu, buku tentang logo, buku sketsa, contoh desain dia, dsb. Unik, nyentrik, asik!

Gw seneng banget ngegeratakin kamarnya, liat-liat tugas kuliahnya, liat-liat referensi brand dari luar negeri (di Indonesia belom berkembang). Terus gw kepikiran tentang logo produk/ perusahaan di Indonesia yang terbilang cupu. Mengapa?

Teman gw ini punya jawaban yang memuaskan.
Desainer logo Indonesia PUNYA potensi. Mereka BISA membuat logo yang gak kalah bagus dibandingkan di negara lain. Masalahnya pada perusahaan atau pihak-pihak yang membutuhkan logo. Tingkat kesadaran orang Indonesia tentang pentingnya logo masih sangat minim. Gak perlu mahal-mahal, yang penting gw punya logo. Padahal bikin logo yang bagus juga sebanding sama duitnya. Akibatnya, orang-orang prefer logo yang standar banget demi menghemat duit.

Gw juga tadinya mikir gitu, tapi pikiran sempit itu terbuka sejak ikutan kelas komunikasi visual. Gw baru tahu kalau peran logo itu sangaat penting. Dan membuat logo itu susah lho..Harus sesimpel mungkin biar gampang diinget. Misalnya Nike. Cuma simbol centang! Tapi kalo liat logo ini kita bisa ngeh kalo itu Nike.

Gw pun nyeletuk,

Kalo lo udah lulus, lo harus bikin logo-logo produk di Indonesia jadi bagus! Gak usah jauh-jauh, tuh taman mini urusin!
after


before

Eh, ternyata eh ternyata, yang desain logo Taman Mini (yang baru) itu dosennya! Well.. Lumayan sih logonya, tapi masih bisa dibikin yang jauh lebih bagus kan?
Ternyata lagi.. sebenernya sang dosen udah bikin desain yang keren mampus! Udah didesain sampe ke detil-detil tiket masuk segala. TE-TA-PI..
Duit lagi.. duit lagi.. Pada pelit ngeluarin duit gede buat logo yang lebih bagus. Yaudah deh, hasilnya cuma kaya gitu. Duitnya ga sebanding... Not to mention masi banyak petinggi-petinggi berpikiran kolot yang gak suka sama ide-ide baru. Hasilnya? Ide yang diterima cuma yang kaya gitu-gitu aja. Duhh..

Masih ke soal duit, ternyata di bagian desain mendesain ini juga ada korupsi loh. Jadi, dosennya temen gw (gak tau orangnya sama apa kaga) bertugas mendesain logo Visit Indonesia. Tadinya si dosen udah bikin simbol yang bagus bangettttttt.. tapi duitnya dikorup. Entah deh sama pihak yang mana. Akibatnya duit yang keterima si dosen gak sesuai deal. Yah.. desainnya diganti lagi deh (jadi cupu) karena imbalannya dikorup (dan orang-orang kolot gak bisa nerima logo khas jaman modern yang simpel-simpel, maunya yang ribet dan berbau etnik-etnik doang).

Haduu.. susah juga ya kalo negeri ini dipimpin orang-orang berpikiran kolot layaknya katak dalam tempurung.

No comments:

 
design by suckmylolly.com