Thursday, May 12, 2011

2AM VS Andy Soraya




12 Mei 1998 = Kerusuhan Trisakti.
12 Mei 2011 = Kerusuhan Rumah Sinema, Andy Soraya, 2AM, dan IAM, fangirls (and some boys) of 2AM di x2, Plaza Senayan.

Info detil silakan mampir ke sini.

Gw sih mau cerita dari sudut pandang fans aja. Sangat subjektif.
Kemarin, Rizu sms kalo 2AM datang untuk Press Conference yang bisa didatangi oleh media, termasuk radio kampus gw. Katanya Riju sih tinggal hubungi twitternya seorang anak UI yang happened to be CP gitu deh. Begitu Radio kampus gw yang gaul itu ngetweet si anak UI, gak dibales. Tapi abis itu ada tweet dari media online, dia bales. Ada apa gerangan? Pilih-pilih media? Gak kebaca tweetnya? Hanya Tuhan dan dia yang tahu.
Padahal.. Padahal.. Padahal sama-sama anak UI..Padahal radio kampus UI ini udah keren banget bisa streaming kenceng! Cobain aja pencet ini.
TAPI Untung banget gak dikirimin undangan press conferencenya karena si 2AM ternyata gak dateng -katanya macet- dan acaranya ngaret serta penuh ketidakjelasan. Beritanya juga emang mendadak dangdut banget sih. Baru dikasitau pas hari itu juga. Kelabakan bener..

Berikut siklus berita yang berubah-ubah
1. Showcase di RollingStong 350rebu
2. Di Plaza Senayan X2 for free! Cuma bayar first drink. Bawa KTP karena minimal 21 tahun.

Yess lolos. Pagi-pagi langsung ngehubungin semua orang yang mungkin ikut. Maya, Riju, Yuni. Hajarrr! Siangnya ketemu Geng Koreaan dari Jurusan ADM buat barengan. Disitu gw denger kalo first drinknya 200rebu. Alamak! Minum apaan sih semahal itu? Bilang aja tiket masup, pake sok dibilang first drink segala (belakangan baru tau first drink emang mahal, maklum belom pernah ajeb2. Tapi gak sampe 200rebu juga kaleeee..). Yaudah terlanjur berniat ke PS, hajar aja lah 200rb. Ntar selama dua minggu gw gak akan jajan di luar.

Sampai di PS jam satu siang, acara rumornya dimulai jam 3 atau 4 sore. Dengan langkah tergesa langsung menuju X2, wowowowo... Antrean panjang sekali. Tapi gak sepanjang jaman 2PM sih. Yaaah... Udah 200-300 orang kali ya. Yaudah, yuk ngantre..

Bapak satpam sudah galak bolak-balik menegur orang-orang yang mau nyelip seenaknya. Dengan wajah inosen dia pun berkata, 'Baru dibuka pintunya jam tujuh malem!'. Tapi para fangirls ini punya intuisi tajam, teman-teman gw bilang kemungkinan besar si satpam boongin kita biar antreannya sepi. Cuhh. Kalo gw percaya sama satpamnya... Rugi bandar.

Anyhoo.. di antrian ketemu sama temen SMA, si Mutia. Terus kenalan sama fangirl lain, ya.. namanya juga senasib pasti cepat akrab :p
Si Riju juga nyusul bersama kawan-kawan FKG.

Tiba-tiba antrean di bagian depan menjerit sambil saling mendorong. Ada apa? Ada apa? Kami yang di bagian tengah tak bisa melihat apa-apa. Oh, katanya tadi Jokwon ngintip dari pintu. Oh Good, berarti acaranya pasti sore-sore, bukan jam 7 malam seperti dikatakan petugas keamanan (bokis lu Pak!). Anyway, jeritan ini membahana gila-gilaan sampe hampir semua orang di restoran sebelah antrian pada keluar. Mungkin dikirain ada bencana apaaa gitu. Semua waiter/ess dan orang restoran takjub dan geleng-geleng kepala liat antrian panjang. Haduh haduh.. Kayak gak pernah muda aja nih Pak, Bu! Situ juga dulu ngantri kan nonton konser Bimbo! My parents did.

Bisik-bisik sampai dari depan, katanya, Kasih liat KTP!
Yaudah semua orang kasak-kusuk ngeluarin KTP. Yang masih dibawah 21 tahun dag-dig-dug takut gak bisa masuk. Semua serba gak pasti. See? Sampe pas udah ngantri pun kita gak tau prosedurnya harus kaya gimana.

Pintu dibuka, fans menjerit, dorong-dorong, selak sana-sini. Begitu gw sampai di dekat pintu masuk, orang-orang berkasak-kusuk lagi. Ada apa? 150ribu aja ternyata! Yowes.. Oh, gak pake nunjukin KTP! Yowes..

Masuklah gw ke club (belom kesampean pengen coba clubbing), waduhh.. penonton udah memenuhi semua spot. Berhubung kurang perjuangan, gw memilih di belakang aja. Soalnya beneran rusuh dorong-dorongan gitu. Kalo badan tinggi ya enak, lah ini pendek benerr jadi gak keliatan sama sekali.

Ah, coba deh tuker 1st drink. Minuman apa sih yang ampe 150 rebu?
Jawabannya adalah............ SPRITE. Segelas yang esnya banyak banget, spritenya dikit. 5 kali sedot abis.

Menunggu.
Jeritan kadang terdengar disana sini saat melihat seseorang masuk ke panggung. Oh satpam. Jeritan lagi. Oh satpam lagi. Terus berulang sampai 5 kali.

Menunggu.
Cari spot asik. Gak ketemu. Duduk di bar, dimarahin. Damn.

Menunggu.
Bolak balik sana-sini.

Oh, sudah 16.30 WIB! Mana ini 2AM? Mana? Telat? Ngaret?
Gw bergabung dengan ibu Maya di spot dekat pintu masuk personil 2AM (banyak satpam).

Menunggu (lagi).
Eh ada orang Korea!
Oh manajemennya.

Menunggu lagi.
Temennya Maya, Mita, nyeletuk. "Jangan-jangan batal! Dari kemaren aja kan beritanya emang gak jelas dan berubah-ubah melulu."

Tiba-tiba ada suara MC *gw pendek jadi ga keliatan siapa yang ngomong* mengumumkan kalau 2AM hanya kesini untuk rehearsal showcase yang tidak boleh ditonton fans.

LOH?

Dia juga melanjutkan kalau mereka mau syuting untuk TV yang juga gak boleh ditonton fans.

LOH?
Mulai chaos.

Dia juga melanjutkan kalau fans diharapkan segera meninggalkan venue.

LOH BANGET?

Katanya Meet and Greet akan tetap dilakukan tapi bukan di X2.
Terus kenapa ada antrian buat fans dan harus bayar 150rebu kalo akhirnya gak di X2?

Katanya masih bisa Meet and Greet tapi di luar venue.
Dimana?

Di luar venue.
IYA DIMANA? *suara para fans yang marah*

Pokoknya diluar venue.

DIMANAAAAAAAAAAAAAAAAAAA???

Besok, Meet and Greetnya!

Gw hampir percaya saat fans di depan gw bilang, 'Besok kan mereka udah harus di Jepang!"
Rrrr... Kenapa promotornya bohong ya?

Begitulah, gw udah agak lupa kata-kata yang persis diucapkan -ternyata- oleh Andy Soraya (dikonfirm oleh teman yang bisa liat panggung) selaku promotor Rumah (atau Wayang sih?) Sinema. Oo..Pantesan anak-anak ngomongin Andy Soraya pas di jalan. Bahkan Rizu sampe akhir mengira Andy Soraya itu COWOK karena namanya mirip sama keluarga Raam Punjabi.

CMIIW, gw gak inget kalo mereka minta maaf, atau mengakui kalo ini salah promotor. Dari kata-kata yang disampaikan kesannya yang salah adalah FANS dan 2AM. Kesannya adalah 2AM gak mau syuting di depan banyak fans. Dan fans pada bego ngapain datengin X2. Padahal oh padahal... coba cek aja di media online kemarin, semua pada bilang SILAKAN WOY SILAKAN DATANG KE x2 NONTON 2AM YANG PENGEN KETEMU FANS... GRATIS OY...

Haduh haduh... kalo mereka mengakui kesalahan kan kita juga ngehujatnya enak, eh maksutnya.. jadi gak simpang siur juga gitu loh. Gak usah nutup-nutupin kesalahan gitu deh pake sok-sok nyalahin pihak lain macam fans. Kita udah bayar loh 150rebu. Bisa 100 kali bayar angkot loh.

Riju dengan muka datar bertanya apakah gw punya telur. (FYI Riju hanya bercanda). Masih dengan tanpa ekspresi, dia memberi ide untuk ngancurin gelas-gelas (FYI Riju hanya bercanda). Yah, yang penting duit kembali deh. Orang-orang teriak minta duitnya dibalikin. Banyak yang berkeluh kesah udah bolos kerja lah, bolos sekolah, apa lah demi 2AM... Eh diusir aja gitu fansnya. Riju (lagi-lagi) punya ide untuk teriak, 'GARA-GARA KALIAN SAYA GAK JADI IKUT PENGAJIAN HARI INI!'. Yaudah gw cuma teriak 'Kembalikan uang kami!' karena merasa rugi bandar.

Wajar kalau fans mengamuk. Wajar banget. Ngantri capek. Duit keluar mahal cuma dapet segelas softdrink. Benar-benar kelabakan dan gak profesional itu promotor. Anyway saat rusuh dan gw balik ke resepsionis bagian depan untuk nanya-nanya soal refund, di luar MASIH banyak fans ngantri! *pintu ditutup karena venue kepenuhan*. Pas gw bilangin ke mereka kalo 2AM batal dateng, antrian di bagian belakang gak percaya dan tetep keukeuh ngantri. Duh kasian mereka capek-capek nunggu tapi gak ada hasilnya.

Seseorang yang punya bakat provokator pun berteriak-teriak penuh emosi, gw hanya cekikikan denger dia ngamuk minta dibalikin duitnya (orang X2 jadi ikut kesel dan tereak). Gw yang masih cinta kedamaian cuma bisa mendengarkan. Temennya Mutia (Fakultas Hukum) misuh-misuh,

'If I can, I'll sue them! I am a Law student'

Gw cuma bisa ngomporin, ayo sue aja! Ayoo sue aja! Semangat wahai anak hukum!

Twitter juga jadi sarana mengamuk oleh para fans. Sambil teriak-teriak, orang-orang menunduk dan sibuk menulis status tentang kerusuhan saat itu. Duh, kalian harus liat ekspresi mereka.. Gak bisa dideskripsikan.. I am amazed..

Ternyata karena gak bisa keluar lewat pintu depan, kami keluar lewat pintu belakang yang langsung ke parkiran. Ngantrilah buat minta refund, begitu keluar ke parkiran...Ada Gadisza alias Jaja yang bawa-bawa mic SUN TV. Owalah lagi liputan! Si Jaja langsung mau wawancara gw, tapi demi menghormati fans lain yang lebih cinta 2AM dan lebih marah, gw menolak dan merekomendasikan orang lain.. Yang ternyata berubah menjadi segerombolan orang yang sedang emosi dan ingin menuangkan aspirasinya pada media. Jaja dikerubutin. Kameramen dapet gambar yang bernilai banget (gerombolan orang yang marah-marah).

Lalu gw balik ke Foodcourt dan menemukan hampir semua fangirls di berbagai tempat. Laper ya abis ngantri dan marah-marah.. Eh ketemu temen SMA! Dia juga hampir menonton 2AM, tapi karena gak bisa masuk, dengan akal bulus dia ke arah parkiran tempat pintu alternatif si club X2. Apa yang dia temukan?

Andy Soraya lagi berantem sama manajemen Korea.

Saat itu adalah momen sebelum diumumkan 2AM gak mau latihan nyanyi kalo ada fans. Pernyataan yang kontradiktif dengan apa yang dikatakan saat Press Release (yang super dadakan tapi ngakunya udah disiapin mateng. Oi oi... Kami tidak bodoh..)

Emang rumor yang beredar banyak banget, hampir semuanya nyalahin pihak promotor yang gak becus sih.

1. Miskomunikasi karena bahasa. Masa iya gak ada translator? *hasil stalking twitter orang-orang terkait* Mungkin gak nemu karena acaranya dadakan sih.

2. LO 2AM aja gak tau siapa 2AM. Verified. Tapi ya.. Korean Wave gak berlaku ke semua orang kan? Tapi fans yang ngedenger hal ini sih pasti dongkol. Lah iya namanya juga fans. Tee-hee.

Terlepas dari semua hujatan ke pihak promotor, mungkin juga ketidakprofesionalan ada di pihak manajemen JYP. Katanya Melanie Subono dan konco-konconya, Artis Korea ribet. Bisa jadi kendala bahasa bikin semuanya makin ribet. Minta ini itu gak ngartosss. Gitu kali ya analisa gw. Ato juga, manajemen JYP juga belum profesional.. bertemu dengan promotor yang belum profesional. Jadinya ancurrrr.

Emang aneh sih, ditilik dari pandangan mahasiswa Hukum, mungkin ada miskomunikasi saat teken kontrak. Mungkin banget kendala bahasa (mengingat promotor yang bantuin pada berkicau soal komunikasi gak lancar karena mereka ga bisa bahasa Inggris/ kartu namanya pake bahasa Korea -Sumber: Twitter). Jadi si manajemen JYP ngerasa ketemu fans (yang bejibun) gak masuk dalam kontrak, tapi disangka promotor itu otomatis udah ada di kontrak. Ya, misalnya kaya gitu deh kasusnya. Tapi bener deh.. yang bisa bahasa Korea kan sekarang udah banyak. Cari atuh translator (kalo masalahnya di bahasa).

Ada juga gosipnya kalo Jokwon marah karena fansnya kebanyakan (mungkin juga sedikit anarkis? huahuahuhaua). Ah, entahlah rumor ini benar atau tidak.

Yang pasti jelas banget promotornya cuma kasih janji palsu soal 2AM bakal meet n greet di luar X2 karena saat itu di parkiran -diduga- dua mobil Van yang -diduga- berisi personil 2AM sudah meninggalkan PS. (Sumber: Fans yang bisa nyelip ke parkiran tempat 2AM menunggu).


Begitulah, setelah makan dan melepas emosi, pulanglah gw bersama Riju, Mutia (temen SMA), Dewi (FKG), dan Puspa (FKG). Di mobil, waktu lagi nanya-nanya pada dimana rumahnya, Puspa tiba-tiba bilang di Bambu Apus.

*flashback*
Beberapa minggu lalu, nyokap cerita kalo di angkot ketemu anak FKG 2006 yang rumahnya di Bambu Apus. Setelah gw ricek ke Riju, katanya gak ada kakak kelas yang rumahnya di situ.

TETOOOOOOOOOOOOOT. TIDAK AKURAT.

Sangaaaaaaaaaaaaaaat bahagia akhirnya menemukan manusia yang misterius itu. Seneng banget ketemu tetangga yang bisa (semoga) diajak aerobik bareng di TMII tiap minggu pagi! Kejutan yang menyenangkan setelah dikejutkan oleh Andy Soraya :p

Phew.. What a day!

No comments:

 
design by suckmylolly.com