Tuesday, July 8, 2008

2 weeks of Ureshiikatta~


ki-ka: fadli, jannah, rini, naimah, aisyah jadi2an, citra, iis, muti, dicky


aaarghh kangen sama blog. 2 minggu ini gw serasa mimpi panjang, menjalani kehidupan yang jauh dari biasanya.

di hari normal, daerah yang gw kunjungi cuma seputar depok-bambu apus. kemaren2 sih merambah ke cempaka putih-istora senayan-bekasi. soalnya...

i got a job!

berawal dari LIFIDENTRA, kan temanku Naimah ngurusin bazar buku, pas lagi naro2 proposal gitu dia ditawarin freelance buat pesta buku jakarta. untung aja beritanya nyebar, jadinya gw ikut2an apply deh. sebelomnya sempet ikutan yang di MIZAN juga. heheee. pokonya murahan deh. lowongan apa aja diikutin, buat mengisi waktu luang.

beberapa hari abis kirim imel, dapet telpon dari mas arif dari tempat entahlah (bahkan saat itu gw ga tau nama penerbitnya apa, kerjanya apa, yang penting dapet kerja) disuruh dateng buat interview.
awalnya sempet males karena ada temen2 yang batal ikut interview, untung ada rini dan muti yang mengokohkan niat. thx God 2 anak itu udah ngegeret gw ke jalan yang benar, karena sungguh 2 minggu kemaren adalah hari2 yang saaaangat berkesan.

ternyata penerbit entahlah itu adalah PENA. pernah denger sih, tapi kan selama ini gw jarang merhatiin nama penerbit. hoho. mulai skarang lebih aware deh.
pas interview (oleh pak widi, f, wah entahlah, pokonya ngobrol2 aja deh. paling susah jaga wibawa. jadi yah cengar cengir (reaksi refleks saat nervous). ditanya A: nyengir. ditanya B: nyengir. ditanya tujuan ikutan kerja: CARI DUIT. *dengan nada pede ga
pake malu*. berhubung gw udah mengorek2 semua info dari naimah yang uda interview duluan, jadi mayan uda ada colongan gitu bakal ditanya apa, hihi. udah ga ada jaim2nya deh, mata duitan.
duit duit duit. buat bayar kuliah (sebenernya biar bisa foya2 di kantin).


well entah bagaimana alhamdulillah semua temen gw yang apply diterima. semuanya jadi SPG.
kita ada ber-5, gw, naimah, muti, citra, rini, plus anggi yang dapet di Mizan (kasir). walo beda penerbit tapi tetap bersahabat. hehe.

seminggu pertama: training.

udah siap2 pake baju yang agak resmian, ga seenaknya pake celana piama plus kaos lagi (seragam kuliah sehari2). eh ternyata kerjaan gw adalah: MaDuMa (makan dugem mabuk). maksutnya makan dan maen2 aja gitu. yaolooh kirain training tuh gimanaaaa~
trainingnya menyenangkan. berkenalan dengan teman2 baru (3 manusia UIN -jannah, iis, fadli dan plus dicky si manusia depok), dapet product knowledge (paling seru cuma Arabic Kamasutra, sejarah PENA, dll. tapi teteep saat makan adalah saat yang dinanti. serabi keju, ayam lunak, nasi uduk, adalah saat2 membahagiakan. kenalan sama orang2 dari PENA, ngeliat isi dari kantor penerbitan, ktawa ktiwi, makan, ngobrol, games, dapet materi, makan, duduk, makan, ngantuk pas dengerin materi, melek pas makanan dateng. nyampah banget. *mengutuk diri sendiri*


next: the real work.

setelah training (bermain2) selama 4 hari di kantor pena, akhirnya perjuangan yang sebenarnya dimulai. H-1 sore hari kami berkunjung ke istora untuk melihat medan perang. fiuh~
cukup heboh ya ke senayan naek transjakarta bersama 19 orang dalam satu rombongan (kasir-spg-riset). berasa kaya abis pesantren kilat aja gitu, orang2 berjilbab bawa tas super gede (sperti gw dan 6 anak2 laen yang mo melintah di rumah muti selama pameran berlangsung karena doi dianter jemput jadinya kita bisa ngesave ongkos, hohoho *tawa nyinyir*) dan menimbulkan kericuhan tersendiri (berisik, okay, itu gw). apalagi waktunya sama persis sama orang2 pulang kerja. ga kebayang brapa orang yang udah menderita dan terzalimi kena hantaman tas kipling merah gw yang gendut (agak ambigu. yang gendut itu tasnya).


pameran berlangsung selama 9 hari. tiap hari kita akan berjaga sampai jam 9 malem. awalnya ga kebayang bediri 12 jam. fuh. seandainya kaki bisa otomatis bertambah panjang kalo dibikin berdiri sepanjang waktu, gw yakin selepas pameran gw bisa daptar jadi model putri indonesia/ abang none/apapun yang butuh manusia tinggi. gw pikir berdiri 12 jam selama 9 hari akan merontokkan lemak2. ternyata gw sukses menghabiskan konsumsi yang selevel dengan kuli gedung setiap harinya. tetep sehat deh badannya.


beberapa hal penting yang harus dilakukan kalo anda jadi SPG/SPB

1.senyum
kalo mood lagi bagus sih segala macem customer gw layani sebaik2nya. ada yang nyolot ga mao senyum padahal kita uda mamerin gigi kuda selebar2nya, ada yang bales senyum kalo kita senyumin (gw suka banget orang2 yang kaya gini, berasa lagi menaburkan kebahagiaan), ada yang malah ngeliatin gw kalo gw senyum2 (entahlah, mungkin mereka nganggep gw aneh, jam 8 malem masih cengar necgir, ato kliatan tersenyum palsu, ato apalah, tapi emang banyak mas2 yang liatin gw dengan pandangan heran).
temen gw -syarah- menuai hasil gila2an dari senyumnya, ada customer dari Singapura yang akhirnya beli produk banyak, seharga kira2 kalo lemak gw dijual 40rebu/kg. selain itu, ada juga mas tampan yang sok2 bingung mo beli aisyah ato khadijah dan berakhir dengan bertukar no telpon. oukay.
giliran gw senyum, yang dateng malah 2 kakek2 centil. (serius!)

2. suara
ya ya ya. ketika di Stand depan yang hening, ga perlu banyak power. giliran gw dipindah ke bagian belakang yang penuh speaker (dengan lagu2 alay yang malesin) dan gebrakan suara dari stand2 sekitar (murottal, lagu arab, dll) gw harus treak2 ala mbak2 di ITC. "DISKON! DISKON! SILAKAN! SILAKAN!"
kalo jaganya berduaan masih mending. lah ini kalo sendirian mah bener2 harus putus urat malu.

3. ramah
gak cuma sama customer yang biasanya ibu2/bapak2/mbak/mas, tapi sama anaknya juga -kalo mereka bawa anak kecil. kita harus tanggap dengan menawarkan si anak balon yang sudah disediakan. entah kenapa urusan sama anak kecil ini sukses kalo dibawain sama rini, ega, dll. pas ada anak kecil, gw nyetel muka seramah mungkin dan menyapa dengan nada sok imut.

"adeeek, mo balon ga?"

eh si anak kecil ngibrit ketakutan. berarti anak kecil bisa ngeliat yak ramah palsu dan ramah beneran, hahahahaha. kayanya ini gara2 gw kebiasaan nyiksa ponakan deh, jadi ga bisa akur ama bocah. wekekeke.
STAND WANITA PENA

1st day: gw dapet tempat di Stand Wanita. letaknya di bagian depan istora. isinya produk2 wanita (qur'an wanita, fiqih sunnah wanita, tafsir qur'an wanita, dll).full smiling all day, selain karena emang sangat bersemangat, ada motivasi lain. ehem. stand2 sebelah PENA orangnya lucu2. mirip2 jonathan mulya. lidah gw masih rada kagok, sama kaya awal2 siaran, jadi masih suka salah ngomong pas nawar2in produk. aheu. gw berdiri dengan penuh semangat menghadap pintu depan, selain karena masih fresh, di situ banyak kamera2 yang mo mengabadikan kedatengan fauzi bowo. mayan, sapa tau kena shoot. alhamdulillah kena dan ahirnya berkenalan sama sang kameramen yang ternyata adalah orang Agromedia.
pagi ampe siang masih berasa seger, menjelang malem, rasanya kaki udah mo polio. bediri trus2an.. pulangnya semua anak tepar. nyampe rumah jam 11an, masih ngobrol ampe jam 12. tidur kaya pepesan, smua numpuk. kaki2 diangkat ke atas berharap besoknya bisa dipake berdiri...
gpp kan yak poto2 tanpa beli bukunya, wekekkeke

well then, di hari kedua ada book signing Asma Nadia di stand sebelah, MIZAN. iih untung banget gw waktu itu lagi jaga di stand depan. yaudah, akhirnya numpang poto deh. sempet dibilang gini sama mbak Asma,

"kamu dari PENA ya? hehe, gapapa deh sini sini." -sambil ngajak mendekat buat poto
*tadinya sempet mengkerut karena cuma numpang poto tanpa beli bukunya dan bahkan bukan dari orang mizan*

sampe 8 hari berikutnya, makin hari makin ga cape. mungkin karena udah biasa dan makin banyak istirahat. uda bisa nyolong waktu nih.. ehehe. apalagi kadang2 gw suka ngelunjak minta beliin milo n donat. haghaghag. tetep cape sih, kantong mata mulai keliatan gelap. maklum ya, tidurnya jam 1an (review hari ini: GOSIP), bangun subuh, rebutan mandi, dll. makanya kami menjaga kondisi dengan istirahat colongan, kalo lagi break sholat, skalian makan, skalian slonjoran,skalian liat2 stand orang. ternyata banyak manusia manis di stand2 trubus, syaamil, nexia, dll. banyak lah yang seumuran gw gitu. apalagi trubus. slurrrp *usep iler* sayang ga sempet kenalan.

waw, kamsut lebih seru daripada harry potter

di hari ke-5, gw dipindah ke stand Kamasutra untuk nemenin naimah. begitulah, bagi2 brosur, diliatin bapak2 yang cuma bolak balik lewat tapi malu2 buat liat bukunya. gelagapan pas ditanya customer isinya tentang apa (blom khatam bacanya). ngeliatin dr boyke yang berpromosi kamsut ("ini stensilan yang diridhai Allah!"), hebohnya orang2 yang pengen konsul gratis, pokonya hari itu adalah hari kamasutra. makanya, buat yang mo nikah ato mo ngasi kado pernikahan, belilah Arabic Kamasutra. ada ilustrasi juga lhooo. haghag. agak menyesal ga ikutan ngintip bedah bukunya, kata naimah (yang punya ijin resmi ngendon disono), pembicaraan yang berlangsung seru banget. smua orang buka2an, hal2 sevulgar apapun dikluarin. penonton sangat antusias, mas imam -sang editor- yang emang orangnya lucu, makin bikin orang2 ketawa dengan statementnya -kalo ga salah ngutip-
"saya bukan praktisinya, cuma tahu teori."

di hari2 akhir, para SPG berfoto di stand syaamil yang emang lagi promo poto gratis. eh ternyata ga cuma ada yang gretongan, orangnya juga manis2. di hari trahir pada tukeran nomer deh. aih! tapi kami masih menebak2 si cowo syaamil ini ngincer siapa. hehe. maklum cwnya banyak nih, biar pada bagi2 aja. kayanya sih si naimah n syarah nih yang banyak menuai cowo. banyak gitu lho cowo dari stand laen yang nanya2in mereka, ampun deh. gw aja cuma menuai kakek2. *nangis darah*

banyak banget sih orang PENA yang kocak2. kebanyakan sih mirip artis. ada yang mirip (kakaknya) Yogi Finanda, Indra Birowo, Indra-drummer Mocca, dll. ada juga yang narsis dan selalu menyembunyikan umur asli, haghaghag (piss, mas Gun). berkat mereka, 9 hari yang panjang terasa sangat singkat. perasaan baru aja hari pertama, eh tau2 uda penutupan aja. so far sih gw paling smangat di hari pertama, full smile dari pagi-malem. setelah hari itu, kalo senyum jadi menyeramkan. aduh, sindrom pembosan muncul. apalagi di akhir2 itu uda pada drop kondisinya, kena flu. maklum ya sekamar ama orang sakit selama 8 hari.

bener banget lho kalo kita makan bareng, seperjalanan bareng, dan tidur bareng ama seseorang maka kita akan akrab dengan orang itu. kami ber7 (muti, citra, naimah, jannah, anggi, rini) kan tidur di kamar muti, nebeng mobil papanya muti, sarapan di rumah muti selama 8 hari aja gitu. tiap hari terjadi perebutan giliran mandi, giliran nyuci, dan saking pada ngantri dan males, banyak aja yang ga mandi. aheu. prinsipnya sih, biar malem2 pada kucel ga mandi, yang penting pas pagi2 harus diamplas mukanya ampe segar berseri. bisa dibayangin deh 4 cw pada bikin kamar muti kaya kamar ganti model. smua sibuk bermake-up (kecuali gw dan Jannah). si jannah mah emang ga biasa katanya (emang uda cakep juga), yah gw sih pake excuse 'udah cantik, ga dandan juga cakep' (terjemahan: ga bisa dandan).

pokoknya puas deh ngeceng di pesta buku jakarta kali ini. baik orang2 stand maupun yang laennya :D
kayanya bener nih kata seorang petinggi PENA yang ngisi training,

"jangan2 abis selese pameran, ada yang ngirim sms!"

emang lho ada yang smsan skarang, ehem. bahkan ga cuma satu! aduh aduh. TAPI BUKAN GW. huh. *mendelik nyinyir khas citra*

anyway, ada quotes dari seorang kolega.

"yeaaah, orang PENA kan ganteng2, makanya mereka merekrut yang cakep2." *refer to: OURSELVES* (gw uda janji bakal mencantumkan hal ini di blog)




pak jokolelulo dan istri2 (plus selingkuhan: rini) yang rukun x)


my favorite meeting room: dingin, kursi empuk, banyak makanan melimpah






bersama pak indra 'budi' birowo
editor kamsut yang dikelilingi penggemar

6 comments:

alia pewe said...

nanienn
lo jaga stand di pesta buku jakarta awal juli ini ?
koq gw ga nglyat yah ?
gw dateng pas yg hari minggu sore2an gtu
lo tu di stand yg jual al-quran muslimah bukan sih ??

Nien said...

iya buuu~
brati kita lagi ga jodoh, mungkin lagi ke mana kali ya gw nya.
solat ato makan ato apa.
minggu hari trahir? o brati gw lagi di stan blakang~

gadisbintang said...

hahahahahahaha..

kameramen agro, namanya siapa, nien?
hahahaha..

Nien said...

wekeke, knapa mbak? tertarik? dia pas hari trahir beli qur'an sambil gandeng cw tuh, sulit deh~ :D

treen said...

rame n seru nih kegiatan liburannya.

Anonymous said...

Duh, ampun nienju... nama saya dah tercemar gara2 ngedit buku kamsut itu (kukakakka), lebih2 karena manggung bareng dr. boyke, malah ditulis di notula aktivitas tak terlupakanmu selama dua pekan. mestinya nienju bantu mengikis ketercemaran nama sy...
makasih ya pesbuknya...! gaul sama anak2 muda, serasa muda lagi.. kukakakak

 
design by suckmylolly.com