Monday, March 31, 2008

hmm..entah kenapa gw jadi males ngapa2in akhir2 ini. mungkin karena baru dapet pasokan dorama baru sih, jadinya nonton melulu. apalagi liburan seminggu. tapi sebel juga dirumah, serba salah. pergi seharian dimarahin. di rumah seharian bermalas2an dimarahin. heran gw. yah, akhirnya demi membunuh waktu gw pergi ke acara2 dan bertemu dengan orang2 dari masa lalu. nostalgia deh. lucunya, kalo inget orang itu gw selalu inget salah satu bahan dari ujian Teori Komunikasi, yaitu Relational Dialectic Theory

inti teorinya- menurut penafsiran gw sih, smoga benar- yaitu dalam suatu hubungan, pasti ada konflik push-pull dan both/and bukan or/either. ini jadi implementasi dari sifat2 manusia yang merupakan makhluk sosial tapi juga butuh privasi. dilema lah. banyak konsep2 membingungkan yang dibahas di sini tapi sebenernya simpel.

1. konfik push-pull: tarik-ulur. seperti yang selalu terjadi dalam hubungan tanpa status/ TTM/ nama lain yang sejenisnya. pasti ngerti lah maksutnya.

2. both/and. hmm, manusia itu kompleks. konsep ini biasanya ada di sinetron2 atau kisah hidup kita2 yang ceritanya ga jauh2 juga dari itu. contoh: sebutlah Cintia Lorel dan Koko Faura, si Koko demen banget ama Cintia, tapi dia diem aja sok sok berahasia, ga langsung dor tembak kaya yang biasa dilakukan remaja lain. nah, si Koko ini brati lagi mengalami both/and,dia pengen terbuka (bilang suka sama Cintia) tapi tetep tertutup (nyimpen rasa itu jadi rahasia sendiri). dasar manusia.
contoh kedua, misalnya ada seseorang yang disukai akhirnya nembak kita, tapi malah kita tolak karena masih menginginkan kejombloan ataupun pertimbangan lainnya padahal kita suka setengah mati sama dia... NAH. anda sedang terjebak dalam teori ini!

banyak hal2 yang simpel dan emang biasa terjadi dalam hidup kita tapi kalo ditinjau pake teori2 komunikasi terasa menarik.
eniwey gara2 orang itu, gw jadi lumayan lancar waktu jelasin teori ini, abis isinya- memakai bahasa khas ABG- GW BANGET!!

kalo kaya gini gw jadi pengen nulis novel yang isinya kisah hidup gw yang mirip2 sinetron picisan norak. HMM.

No comments:

 
design by suckmylolly.com