Tuesday, December 4, 2007

Tribute to Forest, dan laen laen

Jaman sekarang menuju dunia kiamat kan kita uda liat tanda-tandanya nih, salah satunya banyak bencana alam. Nah, makanya ga heran kalo tiba-tiba sekarang banyak banget acara-acara kampanye peduli lingkungan dalam berbagai bentuk. Buat gw sih, jadinya organisasi macem grinpis jadi banyak peminatnya sih (termasuk gw). Dan ternyata pas gw ngeliat sekelumit fakta tentang apa yang terjadi di indonesia ini, emang bikin trenyuh sih. Tapinya sih mungkin emang ga terlalu nanclep di hati berhubung gw (atau kita) ga merasakan dampak langsung ato ngeliat langsung.

Tadi pagi gw ngumpul bareng panitia acara sejenis yang diadakan kampus gw buat ngasitau jobdesk masing2. nah, gw kedapetan danus nih, duh semoga gw bisa melaksanakan amanat yang amat sulit ini, lo tau nyari duit itu ga semudah nyari bulu ketek. Seru banget deh hari ini, kenalan gw dari berbagai macam jurusan dan angkatan jadi nambah, pengetahuan gw tentang kerusakan alam yang ada di Indonesia (yang lagi hot itu di Riau) juga makin nambah.

Tadi ada senior yang sempet internship di Riau selama sebulan, beliau cerita tentang keadaan disana yang katanya mengharukan sekaligus bikin geram. Yang paling kasian yah si orang2 daerah sana, SDA-nya dikeruk, mereka ga dapet untung, dapetnya banjir ama longsor. Makin miskinlah mereka. Dan mahasiswa lah yang bener2 diharepin bisa ngubah nasib mereka sebagai orang yang (dianggep mereka) pintar. *apus aer mata* soalnya senior gw bener2 diperlakukan istimewa (padahal dia Cuma sendirian), misalnya diajak kumpul sesama kepala suku, ato kumpul bersama lembaga pecinta lingkugan hidup, pokonya sangat dihormati!

yah mereka ga tau aja apa kerjaan mahasiswa jaman sekarang (terutama di fakultas gw) yang rata2 akrab sama hedonisme dan mementingkan diri sendiri (honestly, including me). Makanya gw berharap banget acara yang bakal diselenggarakan bulan April ini bisa berjalan dengan sukses biar orang2 lebih aware terhadap lingkungan dan indonesia bisa tetep ijo. Soalnya kalo dibandingin 20 taun lalu, ternyata indonesia itu uda berubah warna kalo diliat dari satelit. Jaman dulu tuh negara kita termasuk negara yang paling ijo kalo diliat dari satelit. Sekarang? Warnanya coklat semua, tanah. Puun-puun uda pada ditebang.

Nah, skarang gimana caranya biar kita bisa berkontribusi buat mengurangi ilegal logging atau kerusakan2 alam lainnya?

  1. pakelah kertas secara bolak balik kalo mao ngeprint ato motokopi. Karena ternyata alesannya puun tetep ditebangin buat bikin kertas karena permintaan terhadap kertas itu tinggi. Siapa yang make banyak? Salah satunya KITA!!

  1. ga nyoret2 kertas kalo lagi iseng. Ujung2nya kan pemborosan kertas, tuh kan, kalo kaya gitu berarti kita ikut2an dalam insiden pemitakan utan. Hmm, saran gw sih lo kalo mo nyoret2 di tangan ato tempat lain kaya jidat temenlo gituh.

  1. menulislah dengan pensil. Ntar kalo tulisannya uda ga kepake marilah kita apus jadi kertasnya bisa dipake lagi. Gw ga tau sih ini namanya hemat ato kikir, tapi gw mulai memakai cara ini untuk notes isi macem2, biar hemat lah ga usa beli banyak notes, kan tinggal diapus!

  1. biasakan menulis dengan tulisan yang kecil. Kalo tulisannya imut kan berarti makin banyak juga space kertas yang tersisa= hemat.

  1. untuk kertas sih cukup sekian dulu. Yang skarang kita mo omongin plastik, dapet dari blog tetangga nih. Katanya kita kalo mau pergi2 dan beli macem2 mendingan bawa tas gede deh, jadi ketika mo ambil barang, kita ga usa pake plastiknya, langsung masukin aja ke tas, kan lumayan, kita membantu mengurangi sampah di dunia!

Cukup dulu tentang lingkungan. Sekarang kita loncat ke dunia siaran.

Kemaren gw baru aja daptar buat jadi penyiar di radio komunitas kampus. Lumayan lah nambah kesibukan dan pengalaman. Ternyata tugasnya segambreng, paper ada 4 macem + demotape. Hmmakhirnya malem2 gw nelpon si riju suruh dia jadi narasumber buat wawancara (boong2an). Moga2 hasilnya lumayan, soalnya gw uda bener2 ngomong ngalor ngidul selama 30 menit ga brenti tuh di kaset. Awalnya sih susah banget buat ngomong, tapi pas uda mulai lancar, wih gw berasa orang yang otaknya miring ngomong sendiri dengan heboh selama setengah jam. Moga2 sih ortu ga denger waktu gw treak2 sendiri di kamar malem2, kasian gw uda banyak membuat mereka khawatir, hehehe.

Udah gitu kemaren gw baru aja wawancara lebih lanjut, wah, ngaco abis. Jadi wawancaranya itu bilingual, inggris-indo. Gw jawabnya pake bahasa alien, yang penting mereka nangkep maksut gw. Uda gitu gw dikasi satu potongan gambar ipod, walkman, sama radio yang mirip mesin pemanggang roti, trus mereka bilang

ini script kamu buat siaran, skarang coba kamu pura2 siaran.

Gw cengo secengo2nya umat.

Dan mulai ngomong tak jelas arah dan tujuannya.

Dan membuat kalimat pamungkas yang keren (musik adalah bahasa universal!) tapi sumpah ga nyambung ama apa yang gw omongin dari awal. Hiksu. Gw pengen banget nyusul mbak Feba buat jadi penyiar nih. Tapi gw sih uda pasrah sama hasilnya, soalnya udah berusaha yang terbaik ampe bela2in ngabisin jatah bolos buat ngerjain paper yang segerobak. Kalo keterima ya syukur, kalo ga keterima ya mereka yang rugi ga ngedapetin orang (busuk) spesial (pake telor asin) kaya gw. Haha. Wish me luck ya!

Hmm, satu hal lagi. Tiba2 di kampus gw beredar banyak banget poster tentang bahaya merokok dan adanya RED AREA dimana orang2 ga boleh ngerokok di area tersebut, jadi kalo mau ngeroko ya di area yang udah ditentuin. Yang bikin gw pengen ketawa skaligus ngamuk adalah: orang2 nempelin poster dilarang merokok/ berilah udara segar untuk teman2mu/ sebagainya itu adalah orang2 yang juga ngebul, rokoknya masih nempel di mulut malahan. Jeruk kok ngelawan jeruk. Ga tau pada buta hurup apa emang bego, dia yang ngelarang dia yang ngelanggar juga. Bakayaro. Pengen deh gw nyuruh para perokok untuk ngerokok di dalem helm, jadinya kalo mau mati ya jangan ngajak2 yang laen, isep aja tuh asep rokok ampe puas. Ato kalo ngisep rokok jangan dihembusin lagi, telen aja asepnya trus simpen dalem perut. Jangan nyebar2in penyakit ke orang laen deh! Makanya gw ilfil banget sama orang yang ngerokok. Yah, walopun temen gw juga banyak yang ngerokok, tapi gw akan menghargai kalo mereka ga ngerokok di depan gw. Yang gw heran sih kalo orang2 yang pas ngerokok ngerasa jadi orang paling keren sekampus. Gayanya selangit. EUW!

Ada lagi insiden rokok yang bikin gw sedih, kecengan gw yang sangat lucu di kampus ternyata kemaren gw pergokin lagi ngerokok! ARGHH..

Trus gw ngobrol sama seorang kawan dari fakultas yang isinya lelaki, ternyata cinta babon gw (bigger than cinta monyet, hehe) juga skarang ngerokok! ARGHH..

Buat gw, daripada beli rokok mendingan beli onde-onde di koperasi, enak, mengenyangkan, dan SEHAT!

Mengapa gw anti rokok? soalnya rata2 gebetan gw itu bukan perokok. Ini secuplik dialog gw dan gebetan waktu di acara pensi sma gw.

Tukang rokok: *ngasongin rokok ke gw* rokok, mbak?

(buset, muka gw muka perokok yak?)

Gw : *ngelirik gebetan + nada interogasi* lo ga ngerokok? *

Gebetan: gw bisa mati kalo ngerokok.

Gw: HA?

Gebetan: gw kan asma parah. Dulu aja suka pingsan gara2 sesek. *nada bangga*

Gw: OH.

Dan setelah masa menggebet orang di atas selese, ternyata gebetan gw yang berikutnya juga mengidap asma. Duh!

10 comments:

Anonymous said...

waaah, tema kita agak mirip nih :)

btw, menghemat kertas itu perlu banget....

Unknown said...

wueee,, aktipis beda nih ^^
yea, mari kita cintai lingkungan, bener banget tuuh jangan ngebuang2 kertas, tisu juga brarti kan?
wah, semangat ya nien!
smoga kita masih bisa hidup sehat ampe tuir~

gebetan asma, hokhokhok

gadisbintang said...

jieeee... akhirnya ikutan tes RTC!! KERENNN!!! aku mendoakanmuuhh.. ayoo, semangaaattt. cihuyy.. ^.^

btw, RTC udah bisa streaming belon siyh?? aku ingin mendengar siaranmuh niyh.. ^.^

semangat terus ya, calon penyiar masa depan!! ;)

Anonymous said...

Oi, achei seu blog pelo google está bem interessante gostei desse post. Gostaria de falar sobre o CresceNet. O CresceNet é um provedor de internet discada que remunera seus usuários pelo tempo conectado. Exatamente isso que você leu, estão pagando para você conectar. O provedor paga 20 centavos por hora de conexão discada com ligação local para mais de 2100 cidades do Brasil. O CresceNet tem um acelerador de conexão, que deixa sua conexão até 10 vezes mais rápida. Quem utiliza banda larga pode lucrar também, basta se cadastrar no CresceNet e quando for dormir conectar por discada, é possível pagar a ADSL só com o dinheiro da discada. Nos horários de minuto único o gasto com telefone é mínimo e a remuneração do CresceNet generosa. Se você quiser linkar o Cresce.Net(www.provedorcrescenet.com) no seu blog eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. If is possible add the CresceNet(www.provedorcrescenet.com) in your blogroll, I thank. Good bye friend.

Anonymous said...

@mitra: iya,e amng topik ini lagi hot yah! :)

@riju: amin. hih, inget sapa tuh yang asma? gebetan bersama ya? haha

@feba: aaah...doakan smoga bisa jadi penyiar beneran! :)

Anonymous said...

nanienn pengumuman rtc kapan sii? haha interviewku pun nampaknya gagal nih, tiap ditanya gw cuman cengengesan geleng2 trus bilang 'ngga tau..'
yaa yang penting kita udah usaha ya haha *menghibur diri*
oiya, apa kabar penyanyi GAEK???

alia pewe said...

nien, sama banget
gw jg ilfeel sm orang yg ngerokok baik it cwo maupun cwe

ciee yg maw jadi penyiar
ganbatte nee ! ;)

Anonymous said...

*isengkomenstlhskianlama*

yaaah,,,,
mayoritas cowo kampus yg bisa dikecengin emg smoker,,,,,
haghaghaghaghaghag.....

Ryuta Ando said...

Hahaha gw suka banget baca cerita Nanien..bahasanya oke aja..walau emak-emak gw penggemar berat nih neng.

Ttg si asma cari aja yg lain ya, biar bisa beliin onde-onde buat Nanien semangkok gede and yg penting sehat.

Ms Mushroom said...

Ternyata ada keuntungan juga ya punya gebetan punya penyakit asma, kita gak perlu sibuk2 ngingetin dia untuk gak ngerokok ... hahaha
Lam kenal ...

 
design by suckmylolly.com