Tuesday, November 20, 2012

Hujan deras, Senin menggila

Senin malam sudah pasti MACET ya ibukota. Ditambah hujan deras. Ditambah petir menyambar Manggarai sehingga kereta mengalami gangguan. Para anak kereta terpaksa cari alternatif pulang tanpa melewati rel. MAKIN macet.

*flashback*


Siang-siang ke Istora Senayan, ada Indonesia Book Fair. Entahlah gw pernah ke sana atau belum, perasaan sih yang didatengin ajang Jakarta Book Fair aja. Berhubung datang saat makan siang, gemetar lapar, ku datang ke kafetaria yang isinya cuma tukang nasi rames dan somay.

Nasi. Ati. Cumi. Tempe. Hambar. DUA PULUH LIMA RIBU. Bisa buat beli soto depan kantor tiga kali...
Lesson learned, never ever eat there. Loncat aja ke FX, harga yang sama bisa kenyang makan bubur Ta Wan yang porsinya sama melimpah seperti lemak perut gw.

Nonton Abraham Samad mendongeng. Liput ding. Biasa deh abis itu terjepit-jepit di antara kamera tipi yang saling sodok menyodok nanyain soal Century dsb dsb dsb. Padahal yang gw pengen denger ya soal mendongengnya #bedaangle

Ketemu Rossalyn yang ternyata lagi kerja di booth KPK, gw pun melipir ke musola Istora yang semakin pewe. Selain banyaknya colokan nganggur, adem, sekarang tempat wudhunya pun ada di dalam. Ihiiiy. Teringat beberapa tahun lalu harus bolak-balik ke WC buat wudhu.

Kucolok charger, nulis-nulis-nulis. Si Tisha lagi liputan di FX, pengen pulang bareng aja. Eh, hujan. Ya sudah, gw aja yang ke FX.

Sepatu udah mulai basah kena becek-becek. Nyampe FX kelaparan dan makan dulu. Sampai jam 7 malem hujan masih deras. Kalau nunggu reda bisa gak pulang, gw dan Tisha nekat aja keluar... tapi...

1. Petir menyambar sehingga ada gangguan persinyalan di Manggarai = tidak bisa naik kereta
2. Menurut Twitter KRL Commuter Line, pengguna kereta api dihimbau cari alternatif karena belum tahu kapan gangguannya dapat diperbaiki
3. Jalan non busway menuju Semanggi/HI macet = percuma naik metromini ke Semanggi
4. Antrian di shelter TransJakarta mengular panjang dan bisnya jarang datang, sekalinya datang penuh banget = percuma naik TransJakarta
5. Mau nginep di kos Anggi, udah ditek Maya = tidak ada tempat. Lagian gw ga bawa alat perang.


Jadi... gw dan Tisha jalan kaki dari FX ke Semanggi. Berharap ada Patas 70 atau TransJakarta yang rada kosong. Jarak FX-Semanggi lumayan jauh sih, sebenarnya terasa dekat kalau trotoarnya nyaman. Tapi ini harus melewati becek sana-sini, batu, jalan nggak rata, tanah liat, lumpur, pedagang kaki lima, dsb. Berhubung jarang orang yang memilih berjalan, gw pun bebas nyanyi sambil teriak karena tidak ada yang mendengar. Cuma Tisha yang jadi saksi.

Sesampainya di jembatan Semanggi, kami seperti reporter yang mengamati arus mudik. Diam di atas berharap ada patas 70 lewat. P70 itu bagai jin, gaib. Keberadaannya tidak jelas. Kadang ada, kadang nggak ada. Pernah gw nunggu 2 jam, nihil. Kabarnya bis itu sudah hilang sejak Magrib. Tapi ternyata pukul 8 malam, bisnya nongol di belokan Semanggi.

Gw dan Tisha berlari menyusuri jembatan Semanggi. Berlari menginjak kubangan super kotor... Dan gw pun menyelinap ke pintu belakang bis yang terbuka. Namun, Tisha tidak bisa masuk karena penuh. Posisi gw juga emang gaul banget sih, setengah terjengkang. Begitu pintu dipaksa ditutup, gw pun teraduh-aduh karena kejepit. Dua bapak di depan gw segera memberi ruang sehingga gw bisa berdiri tegak tanpa ancaman tulang bengkok.

Untunglah si Tisha ternyata bisa masuk di bis lewat pintu depan. Ternyata jalanan gak semacet yang gw sangka. Ya, macet sih, tapi merayap maju terus. Apalagi bisnya adem meskipun badan gw udah nempel sama mbak-mbak, tangan gw basah kena tetesan payung orang. Di P70, meski kebanyakan korban hujan, tidak ada bau apek. Tidak ada bau ketek. Jadi tetap bersukacita.

Begitu sampai rumah, bobo-bobo ayam, mandi, cuci sepatu, ngecek timeline twitter, ternyata masih banyak yang terjebak macet menuju Depok. Cian anet :(

Yah, itulah laporan super macet tadi malam.. Gila gila gila gila.


1 comment:

ndutyke said...

My goodness!! Kalian de Jakartans emg ruar biasa!! #pijetin Akan jd reminder the next time I start to complain again about how hard my life is.

 
design by suckmylolly.com