Sunday, January 30, 2011

Muscat Last Day

I am home! Gak kerasa sama sekali menghabiskan waktu sebulan di rumah teteh. Gw udah kangen para ponakan lagi! Terutama si kecil Malikah yang makin cantik setelah hidungnya bersih dari ingus.
ini adalah catatan dari hari-hari terakhir di Muscat, Abu Dhabi, dan Cengkareng.

Day 27

Hari kamis dan jumat adalah hari libur nasional. Waktunya jalan-jalan!

Wadi Bani Khalid.
Wadi Bani Khalid bagian lembah,
Wadi artinya penampungan air lah. Berhubung tak ada sungai disini, jadi air itu asalnya dari laut atau hujan. Segala sesuatu yang berbau air itu sesuatu yang luar biasa deh. Misalnya, waktu di jalan ngelewatin danau, kakak gw nunjuk-nunjuk heboh.

"itu wadi! itu wadi!"
Terus kenapa? Ingat, ini timur tengah dimana minyak lebih murah daripada air. Duh maklum kebiasaan kebanjiran di kala SMP dan SMA, jadinya liat kubangan air ya biasa saja. Aheu.

Oiya, beberapa hari lalu turun hujan di Muscat. Mungkin gw itu pembawa berkah kali ye buat kalangan Arab. Wekeke. Rekor hujan dalam setahun, menurut kakak gw, kurang dari 1o kali. Sekalinya hujan ya banjir deh, makanya sekolah pun libur. Orang-orang pada main hujan. Sayangnya gw tidak bisa menyaksikan hal itu karena perumahan kakak gw isinya ekspatriat yang gak doyan mandi hujan.

Oke, kembali ke Wadi Bani Khalid. Perjalanan selama tiga jam melewati jalanan yang pinggirnya pasir dengan unta di kejauhan, lahan hijau, gunung pasir, gunung batu, tidak ada manusia. Walaupun terpencil gitu, jalannya bagus banget. Jalan tol Jakarta kalah deh alusnya.Disini, kecepatan 120km/jam terasa pelan.

Depan gunung, pinggir pasir dan gunung pasir dan kadang unta


Gw heran, kok di daerah tak berpenghuni jalannya bagus banget? Inilah salah satu kerjaan Sultan Qaboos, dimana-mana dibangun jalan raya biar aksesnya mudah. Pas gw lewat jalanan menyeramkan (gak kebayang kalo mogok di jalan, beneran sendirian) di kejauhan terlihat traktor-traktor yang sedang menggerus gunung untuk dibangun jalan raya. Begini nih contoh pemimpin yang gak didemo rakyat walau udah berkuasa puluhan tahun. Pokoknya, kemana pun kau ingin pergi, hampir bisa dipastikan jalannya lancar dan bagus.

Setelah menempuh tiga jam yang diselingi kepanikan takut nyasar (gak ada mobil lain di jalan) akhirnya pemandangan gunung pasir berganti rumah-rumah dan pepohonan. Sampailah kami di Wadi Bani Khalid yang hijau! Ajaib deh ada mata air dan pohon-pohon yang rimbun, termasuk pohon pisang.

Pemandangannya? Luar biasa. Angin sejuk dikombinasikan dengan panas matahari menyengat. Bebatuan dikombinasikan dengan wadi dan air terjun kecil. Model wadi mengingatkan gw sama Green Canyon Pangandaran. Kalo di Pangandaran kita harus berenang untuk sampe ke ujungnya (pengalaman hampir mati), kalo di Wadi Bani Khalid kita harus jalan kaki lewat batu-batu terjal. Jangan pake sepatu cantik kalo mau ke WBK. Bisa kepeleset dan jatuh ke onak berduri, kalo apes ya jatuh ke dalam wadi yang letaknya jauh di bawah bebatuan.

Gw cukup ngos-ngosan jalan kaki, tetapi malu hati karena disusul oleh rombongan kakek-nenek bule. Gile lo, mereka fisiknya fit banget. Pasti karena mereka sering olahraga deh. Soalnya gw bosen banget liat bule jogging. Tuh kan mereka freak jogging karena jarang dapet sinar matahari. Kalo gw males banget jogging, jalan kaki dikit ke tukang ojek aja udah keringetan dan kepanasan. Memang, ternyata sifat manusia itu tergantung iklimnya.


Kiri: Pemandangan mata air dari sudut pandang gw Kanan atas-bawah: Fish therapy gratis, Sebening ini airnya
Sampailah gw ke mata air yang luar biasa bening! Air bening banget nget nget, gw bisa liat ikan-ikan kecil berenang kesana kemari. Capek, gw taro kaki ke dalem air. Tiba-tiba ikan mengerubung. Ah! Free Fish Therapy! Kulit mati gw dimakan ikan. Terasa sangat menggelitik. Di saat para Omani dan bule berenang, gw duduk di batu sambil mencelupkan kaki dan cekikikan sendirian. Rasanya gak mau kemana-mana, air bening dan free fish therapy bikin betah!

Ga Nyambung Jek!
Waktu lagi istirahat di gazebo, gw ketemu sama rombongan ibu bercadar dan anak-anaknya yang mengenakan pakaian tradisional Oman, motif bunga-bunga dengan warna gonjreng. Bagaikan pinguin di gurun pasir, gw adalah pusat perhatian bagi mereka. Diliatin sedemikian rupa, gw cukup merasa grogi. Demi memecahkan kesunyian, gw sok akrab. Minta ijin mau foto anaknya. Sang ibu bercadar gak ngerti bahasa Inggris. Gw ulang lagi pake bahasa tarzan. Tunjuk kamera, tunjuk anak, pencet shutter. Si ibu menggeleng. Gw takut dipenjara kalo maksa mau moto. Gw diem. Si anak tiba-tiba pindah tempat, duduk sendirian. Gw diem. Anak lelaki kecil (adiknya) berdiri di depan gw, nyerocos bahasa Arab. Gw diem dan cengo sambil bilang, "gw gak ngerti deh.". Gw diem lagi. Si anak kecil nyerocos lagi. Kali ini gw liat si anak ceweknya yang seakan berharap ingin difoto. Gw bertanya lagi (dengan bahasa isyarat) ke ibunya. Ini beneran boleh difoto? Ibunya menggoyangkan kepala tanda setuju. Gw sempet ragu karena goyangan kepala Omani tuh kaya goyang kepala India, kalo di Indonesia sih kaya menggeleng tanda gak setuju. Jadi gw takut salah mengartikan, itu dia menggeleng setuju atau ga setuju sih?

Pelan-pelan gw nyalain kamera, oh, sang Ibu gak bereaksi. Berarti daritadi si anak cewe nungguin gw moto, tapi gw kaga ngarti dan malah diem aja. Alamakjang. Bilang dari tadi kek (padahal uda bilang tapi gw ga ngerti).

Setelah foto, gw ngacir karena bapak-bapak Omani udah mulai mendekati Gazebo. Antara takut merasa jadi pinguin lagi dan takut dipenjara karena udah moto anaknya (walo uda dapet ijin dari si ibu).


Day 28



Foto diambil oleh mas Budi

Atas: Air laut dingin yang bening
Bawah ki-ka: Malikah takut dikubur pasir-gunung batu di latar belakang




Telat banget sih, baru sekarang sempet ke PDO Recreational Center. Letaknya berdekatan dengan rumah. Isinya berbagai macam fasilitas olahraga termasuk mancing, jadi ada pantai pribadi. Lumayan gede untuk dilihat mata dari ujung ke ujung. Bersih banget, masih banyak burung-burung gitu. Burung gagak sama camar. Jadi di pasir selain jejak orang (cuma sedikit) banyak juga jejak burung. Kalo di Indonesia suara gagak jadi hal yang menyeramkan, di Muscat itu hal biasa. Gagak banyak banget disini.

Karena akses masuk PDO RC terbatas, pantainya sepi banget. Berasa milik sendiri deh. Waktu pagi-pagi kesana, gak ada orang sama sekali. Menjelang siang mulai rame lah para bule yang ingin berjemur. Cuma keluarga gw yang berteduh di siang yang terik. Bikini berseliweran. Ibu-ibu bule berperut lebih rata dari gw berseliweran.

Air laut bening, dasarnya keliatan batu-batu karang tumpul dan kadang ada ikan di pinggir laut. Ceritanya sih pengen snorkeling, tapi saya gak bisa berenang dan dasar karang sakit di kaki. Bisa sih pake sepatu snorkeling, tapi berhubung murmer, pake sendal jepit. Hasilnya? Kebawa ombak. Dan gw malah sibuk mencari sendal jepit.

Day 29 Muscat Festival


Aa ulang tahun ke-8 hari ini. Mengingat masa lalu, gw membuka-buka foto dia waktu umur 2 tahun dan masih bisa dijadiin boneka sama gw. Disuruh monyong, langsung monyong. Suruh loncat, langsung loncat. Suruh nyanyi, langsung nyanyi. Menggemaskan. Kalo sekarang, dia udah mengkritik waktu gw ngomong 'Dad', katanya harus 'Ded'eh'. Gw Soalnya pelafalan gw itu jadinya (buat dia) 'Dead'. Ponakanku sudah pintar.

Muscat Festival bertempat di Marah Land (taman bermain) deket rumah. Pas gw dateng sore, masih sepi banget. Cuma ada pameran mobil. Suasananya mirip PRJ. Gw pikir ini acara sampah banget, masa cuma pameran mobil? Ternyata gw salah besar. Setelah berjalan jauh, ketemulah bangunan mirip kastil. Ohohoho. Disitulah letak Heritage Culture, atau apalah itu, isinya stand-stand dari berbagai negara. Kebanyakan dari negara Afrika, Arab, India, sampe Rusia. Belahan benua yang berdekatan itu lah. Dari Rusia, Tunisia, sampe negara yang gw baru denger namanya. Luar biasa berguna buat gw yang jelek di geografi. Gw jadi inget/tahu kalo:

1. Maroko itu di Afrika Selatan. Ilmu ini gw dapat ketika mampir di stand yang keterangannya bahasa Arab. Ada pin tulisan Marocc. Si penjaga stand bilang, yeah, Maroko, South Africa! Terus abis itu dia nyerocos bahasa Perancis.

2. Tunisia memakai bahasa Perancis dan Arab. Waktu dateng ke stand Tunisia ceritanya mau basa-basi nanyain barang yang dijual. Eh si mas penjaga stand bingung karena gw ama emak gak bisa bahasa Arab. Dia nyerocos pake bahasa prancis, gw bales pake Inggris dan Indonesia. Terus say bye bye aja.

3. Rusia itu cantik-cantik dan lucu-lucu barangnya. Tadinya mau poto bareng tapi jutek deh si mbak-mbaknya.

4. Kyrgyztan. Baru tau lah. Ato baru inget. Pecahan soviet katanya. Mukanya kaya orang Mongol, sipit-sipit. Kerajinannya juga bermuka sipit. Mengingatkanku pada Putri Huan Zu waktu kedatengan tamu Mongol.

Beberapa stand yang berkesan adalah,

1. Rusia. Ada seorang ibu di usia senja sedang merajut. Rajutannya lucu-lucu, sayangnya harus dipake di saat salju. Si ibu ini terlihat ramah, jadi gw nanya boleh ga dia gw foto bareng nyokap. Abis itu dia langsung ngasih kartu nama dan minta biar fotonya dikirimin. Sejak bertemu Oma Milka Kuburovska, gw sama nyokap berburu foto bareng sama orang-orang yang terlihat ramah dan memakai baju tradisional unik.

2. Pakistan. Ngeliat langsung pertunjukan bikin guci dari tanah liat.

3. Turki. Seorang Illumination Artist bernama Aslihan Nihan Guney sedang membuat kaligrafi. Hasil karyanya terbuat dari emas dan sutra. Gak boleh disentuh. Gw juga gak berani nanya harga karena pasti mahal bener. Pas lagi liat-liat buku kaligrafi yang tergeletak, dia bilang, 'that's my book." Kirain maksudnya itu kepunyaan dia. Taunya dia nunjuk nama pengarangnya, terus nunjuk dirinya. Ooooh dia udah nerbitin buku kaligrafi toh. Isinya keren-keren, walau gw gak ngerti karena pake bahasa Turki. Yaudah, si mbak cantik gw foto juga. Abis itu gw bilang ke dia 'Kata emak gw, ente cakep bener deh mbak.' Si mbak yang gak fasih bahasa Inggris bilang 'Syukran, syukran!' terus ngasih gw peniti lucu. Asik!

4. Palestina. Mengharukan deh, ada banner yang nunjukin gambar waktu pemuda Palestina ditabrak secara misterius. Ibu penjaga standnya sangat ramah. Kita ngobrol sebentar tentang Muslim di Indonesia yang mendukung Palestina gitu. Dia ngasih kartu nama sama nomor teleponnya, in case gw akan ke Palestina someday. Kalo ada yang mau kesana, nanti gw kasih nomornya deh. Biar bisa bantuin dia di Woman Charitable Society.


Day 30


Last day. Main sampe puas sama Malikah, packing, dan nonton Sports Day si Aa. Dasar sekolah bule, kerjaannya main musik sama olahraga. Asik banget sih, hampir lengkap kecuali pelajaran agama (kata teteh). Gerombolan anak usia 8-10 tahun, kebanyakan tentu saja bule. Sisanya Asia macam Indonesia, Malaysia, India, Brunei, dan Afrika. Gerombolan anak dibagi jadi beberapa kelompok dan mereka bermain di beberapa pos. Ada panjat-panjatan, basket, hockey, sepakbola, lempar bola, etc. Semua dibikin simpel karena buat anak-anak. Semua bertempat di lapangan sekolah yang GEDE dan playground.
Cukup banget bikin sirik dibandingkan SD gw di Bambu Apus yang kalo masuk kelas harus copot sepatu (biar lantai ga kotor) dan SD Kampung Dukuh yang kalo hujan atapnya bocor.

Malamnya, berangkat ke bandara Muscat. Bandaranya sedang direnovasi, mau diperbesar lagi karena ini bandara keciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiil banget. Tapi tetep rapi dan bersih sih.

Di bandara ini, petualangan yang baru dimulai!

Next: Berantem sama orang Arab.

No comments:

 
design by suckmylolly.com